IBL

Setiap tanggal 8 Maret, diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional (International Women's Day). NBA dan ESPN untuk kedua kalinya, memperingati hari tersebut dengan melakukan siaran langsung pertandingan dengan semua kru yang terlibat adalah perempuan. Lebih dari 70 perempuan terlibat dalam siaran pertandingan Dallas Mavericks melawan New Orleans Pelicans pada hari Rabu (8/3) waktu Amerika Serikat. 

Perempuan yang terlibat dalam siaran ini meliputi analis pertandingan, komentator, produser, sutradara, desain grafis, ahli statistik, sampai operator media sosial. "Karena saya benar-benar ini melihat wanita-wanita ini melakukan apa yang mereka bisa," kata Malika Andrews, pembawa acara NBA Today. "Anda dapat mendengar dan melihat suara kolektif mereka dengan cara yang unik ini. Jadi seperti, 'Oh, semua orang favorit saya bekerja di proyek yang satu ini. Ini akan menjadi luar biasa.'"

Foto: nba.com

Beth Mowins dan Doris Burke akan mengambil bagian sebagai komentator. Cassidy Hubbarth akan berperan sebagai side-reporter. Akan ada panel pregame juga, yang terdiri dari komentator/komentator WNBA Chiney Ogwumike, reporter Ramona Shelburne dan Coach of the Year WNBA Becky Hammon, dengan analis Monica McNutt juga bergabung. Sementara Malika Andrews akan menjadi tuan rumah NBA Today dan NBA Countdown dari kantor pusat produksi ESPN di Los Angeles.

Mereka mengikuti jejak perintis komentator/analis olahraga wanita. Nama-nama ikonik yang meliput liga seperti Cheryl Miller, bintang USC yang menjadi analis, atau Ann Meyers Drysdale, tokoh UCLA yang merupakan analis TV untuk Phoenix Suns dan juga Mercury. Mereka semua membuka jalan bagi generasi berikutnya.

Sekarang sudah banyak perempuan yang terlibat di NBA. Seperti Katy Winge, seorang reporter/pembawa acara/analis untuk jaringan TV Altitude Sports Denver Nuggets. Lisa Byington sekarang jadi pengisi suara play-by-play dari Milwaukee Bucks. Kayte Christensen menjadi komentator siaran Sacramento Kings. Kemudian ada Candace Parker, MVP WNBA dua kali yang menjadi analis di NBA All-Star Game.

"Sungguh luar biasa untuk melihat, karena mereka mendapatkan kepercayaan dan kesempatan ini," jelas Meyers Drysdale, dikutip dari nba.com. "Saya sangat bangga dengan presentasi mereka dan etos kerja mereka, serta kemampuan mereka untuk melakukan apa yang dianggap sulit untuk dilakukan seorang perempuan. Mereka semua sangat mengesankan." (*)

Foto: nba.com

Komentar