IBL

Kualifikasi FIBA World Cup 2023 sebanyak 6 window telah selesai. Americas Qualifiers meloloskan tujuh tim yaitu Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Puerto Rico, Republik Dominika, Venezuela, dan Brazil. Kanada menjadi tim benua Amerika yang lolos dan mereka dipastikan akan menjalani fase grup FIBA World Cup 2023 di Jakarta.

Capaian Kanada selama Americas Qualifiers ini juga fantastis. Kanada mencetak rata-rata 97,7 poin per gim dan menjadi yang terbanyak selama kualifikasi di semua benua. Kanada juga sangat tajam dengan mencetak 10 tripoin dalam 10 gim selama Americas Qualifiers.

Rekor pertahanan terbaik di Amerika dimiliki oleh Venezuela. Mereka hanya kebobolan rata-rata 67,2 poin per gim. Sedangkan Kolombia mencetak rekor comeback terbaik saat menang 93-89 atas Meksiko. Padahal pada kuarter ketiga, Kolombia masih tertinggal 20 poin.

Brazil menjadi tim terakhir yang lolos Americas Qualifiers. Mereka berhak atas slot peringkat keempat terbaik setelah mengalahkan AS. Sekaligus menyingkirkan Argentina dari persaingan. Brazil juga mencatat poin terbanyak selama Americas Qualifiers dengan 119 poin (tanpa perpanjangan waktu) saat melawan Kolombia.

Rekor kemenangan terbesar dalam FIBA World Cup 2023 Qualifiers dimiliki oleh Meksiko 113-54 atas Kolombia. Dalam pertandingan tersebut, Meksiko mencetak 22 tripoin dan menjadi rekor tripoin FIBA World Cup Qualifiers.

Angel Delgado mencatat lima dobel-dobel selama 10 gim di Americas Qualifiers. Membuatnya menyaingi Georgio Miligan yang membuat banyak dobel-dobel di Amerika. Rekor lain dibuat Facundo Campazzo yang meraih 10+ asis dalam tiga edisi Americas Qualifiers. Dua diantaranya dicetak saat FIBA World Cup 2023 Qualifiers.

Rekor poin terbanyak dalam satu gim diperoleh Braian Angola (Kolombia) dan Gabriel Deck (Argentina) dengan masing-masing 37 poin. Bruni Caboclo (Brazil) menjadi pemain cadangan pertama yang membuat dobel-dobel ganda dalam Americas Qualifiers.

Andres Ibarguen memiliki penetrasi paint area yang mumpuni. Pemain Kolombia itu mencetak 133 poin tanpa melakukan tripoin. Diantara 107 pemain yang melakukan 40+ tripoin selama FIBA World Cup 2023 Qualifiers, Kassius Robertson (Kanada) memiliki akurasi tertinggi dengan 31/54 (FG 57 persen). (rag)

Foto: FIBA

Komentar