IBL

Lexyndo Hakim akan memimpin kontingen Indonesia di SEA Games 2023. Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Pengprov Perbasi DKI Jakarta itu resmi diperkenalkan sebagai Chef de Mission (CdM) SEA Games 2023 pada Selasa (14/2) di Kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Jakarta.

Selain CdM SEA Games 2023, pada kesempatan yang sama, KOI juga memperkenalkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai CdM Asian Games 2023. Event empat tahunan itu akan berlangsung pada 23 September-8 Oktober di Hangzhou, Cina. Kemudian Marulis Simanjuntak sebagai CdM Asian Indoor and Martial Art Games (AIMAG) 2023.

“Kami sudah lakukan pertimbangan dan sortir nama yang ada. Mereka adalah orang terbaik di bidangnya. Seperti pak Basuki selama di SEA Games Vietnam lalu tak pernah meninggalkan atlet dayung di sana. Jadi kami rasa beliau lantas di Asian Games,” kata Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari.

Multi event dua tahunan di Asia Tenggara itu dijadwalkan berlangsung pada 5-17 Mei mendatang di Kamboja. Dalam edisi SEA Games yang ke-32 itu akan mempertandingkan 36 cabang olahraga (cabor), 47 disiplin olahraga, dan 581 nomor pertandingan. Ditambah teqball sebagai kategori demonstrasi.

Baca juga: Komite Olimpiade Indonesia Umumkan Cabang Olahraga di SEA Games 2023

Lexy mengungkapkan langkah pertama yang ia lakukan adalah membentuk tim internal. Pada hari yang sama setelah perkenalan itu, Lexy melakukan rapat internal untuk menentukan wakil, deputi, hingga kesekretariatan.

“Saya sudah kumpulkan tim kepanitiaan yang akan kami koordinasikan dengan teman-teman di Kemenpora bersama tim analisis. Kita coba petakan cabor-cabor mana yang akan dikirim oleh Indonesia yang nanti akan kami maksimalkan,” kata Lexy kepada awak media.

Untuk itu Lexy belum bicara banyak soal target dan anggaran kontingen. Setelah tim internal tersebut terbentuk, Lexy berencana mengunjungi atlet-atlet di pelatnas. “Yang pasti saya akan kerja untuk melayani. Para atlet harus dipastikan nyaman dan terpenuhi hak-hak sebagai atlet supaya ketika bertanding nggak memikirkan hal-hal non teknis” tutur Lexy. (rag)

Foto: KOI

Komentar