IBL

Kyrie Irving akhirnya meminta Brooklyn Nets untuk melakukan pertukaran pada Jumat (3/2) atau kurang dari seminggu menjelang batas akhir pada Kamis (9/2) waktu setempat. Pemain berusia 30 tahun itu belum memberi Nets referensi klub yang ingin menjadi tujuannya.

Beberapa klub sudah terlibat pembicaraan dengan Nets. Seperti Los Angeles Lakers, Dallas Mavericks, dan Phoenix Suns. “Dan sekarang (Los Angeles) Clippers, yang sedang mencari seorang garda poin, sedang menyelidiki kemungkinan melakukan kesepakatan juga,” tulis ESPN.

Tetapi diantara klub-klub itu, Lakers menjadi pilihan yang menarik. Mereka sedang melakukan pergerakan untuk merombak roster. Lakers sudah mendatangkan Rui Hachimura. Kini masih terus bergerak sebelum batas akhir pertukaran.

Selain itu, reuni dengan LeBron James menjadi faktor yang paling mendukung. Irving dan LeBron sama-sama mantan pemain Cleveland Cavaliers. Keduanya membawa Cavaliers menjadi juara pada 2016 lalu.

LeBron datang ke Cavaliers pada 2003-2010. Kemudian kembali lagi pada 2014-2018 setelah dari Miami Heat (2010-2014). Irving memperkuat Cavaliers pada 2011-2017. Lalu menghabiskan dua musim dengan Boston Celtics.

Setelah Irving meminta pertukaran itu, LeBron memberikan kode samar dengan emoji mata melirik dan sebuah mahkota melalui Twitter. Netizen yang ikut heboh dengan mengartikan bahwa The King (julukan LeBron) sedang memantau situasi.

LeBron memberikan komentaranya usai pertandingan melawan New Orleans Pelicans pada Sabtu (4/2) waktu setempat. “Itu pertanyaan untuk Rob (Pelinka). Anda harus bertemu dengannya ketika kembali ke LA. Saya tidak berbicara untuk manajemen.”

“Lineup apapun yang kami miliki adalah memastikan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menang. Jelas itu, apa kata yang Anda gunakan, pertanyaan ‘Duh” itu ketika Anda berbicara tentang pemain seperti itu,” jawab LeBron.

LeBron memang bukan satu-satunya orang dikaitkan dengan Irving ke Lakers. “Secara pribadi saya ingin melihat Kyrie memakai warna ungu-emas (warna Lakers),” tulis Magic Johnson, legenda Lakers pada 4 Februari.

Hal itu memunculkan kembali rumor pertukaran Kyrie Irving-Russell Westbrook bisa saja terjadi. Jovan Buha dari The Athletic menulis kesepakatan potensial dengan Nets selain Westbrook adalah draft pick 2027 dan 2029. Kemudian Nets kemungkinan memberikan Joe Harris bersama Irving.

“Ini tergantung bagaimana Nets menghargai pilihan Lakers dan apa yang terjadi dengan Kevin Durant setelah itu. Lakers dapat mengalihkan salah satu pilihan mereka ke tim ketiga, yang kemudian akan mengirim pemain tambahan ke Brooklyn untuk membantu Nets tetap kompetitif,” tulis Buha.

Tetapi Brian Windhorst dari ESPN menulis Lakers memang tertarik pada Irving tetapi ada keraguan karena Irving menginginkan kesepakatan jangka panjang. Irving memenuhi syarat untuk perpanjangan empat tahun dengan nilai AS$198 juta. (rag)

Foto: Sky Sports

Komentar