IBL

RJ Amartha Hangtuah terhindar dari kekalahan keenam beruntun. Bermain cukup ketat hingga akhir, Hangtuah menang 69-65 atas Mountain Gold Timika. Dalam laga lanjutan Seri 2 IBL 2023 di GOR Bimasakti Malang, Kamis (2/2), tembakan tiga angka Shavar Newkirk menutup gim. Pemain yang sudah dua musim bersama Mountain Gold ini mengemas 17 poin dan 6 rebound.

Ketenangan Hangtuah dalam serangan mulai terasa di kuarter terakhir. Meski mountain Gold masih tetap memberi perlawanan signifikan.

Gim sudah berlangsung ketat di kuarter pertama. Pertahanan kuat kedua tim membuat akurasi keduanya tak sampai 40 persen. Hangtuah hanya unggul satu angka, 16-15 di akhir kuarter pertama.

Jarrid Jerome Famous yang sudah menjadi tulang punggung Mountain Gold sejak kuarter pertama, semakin aktif di kuarter kedua. Famous berhasil menjaga konsistensi bahkan mencuri keunggulan 33-32 di akhir babak pertama. Keseluruhan, Jerome Famous menjadi pengumpul angka terbanyak dengan total 25 poin. Sebanyak 62 persen tembakannya kena sasaran. 

Tembakan-tembakan tiga angka Gunawan cukup wangi bagi Hangtuah. Dengan memasukkan 4 dari 10 percobaan, Gunawan mengumpulkan 14 poin dan 5 rebound. Poin terbanyak Hangtuah berasal dari Emmanuel Martin Malou yang mencetak dobel-dobel 20 poin dan 12 rebound. Stevan Neno menyusul dengan 13 poin dan 5 rebound.

Mountain Gold sebenarnya cukup menguasai paint area, mendapat kesempatan tembakan gratis lebih banyak, bahkan memiliki frekuensi tembakan lebih banyak berkat koleksi offensive rebound yang tinggi dan turnover Hangtuah yang lebih banyak. Buruknya akurasi membuat Mountain Gold akhirnya menelan kekalahan keenamnya musim ini.(*)

Foto: Hari Purwanto

Komentar