IBL

Giannis Antetokounmpo tampil cemerlang bersama Milwaukee Bucks. Mereka menjadi juara NBA 2020-21. Giannis dinobatkan pemain terbaik final. Sebelumnya ia dua kali beruntun menjadi pemain terbaik liga pada 2019-2020. Kini Giannis ingin mempersembahkan gelar bagi negaranya, Yunani.

Setelah berhasil merayakan kemenangan dengan Bucks, Giannis ingin melakukan hal sama dengan Yunani. “Saya selalu berpikir untuk memberikan yang terbaik bagi timnas dan betapa saya sangat menikmati mengenakan jersi timnas di musim panas,” kata Giannis dilansir melalui laman FIBA.

Pemain berusia 28 tahun pertama kali memperkuat timnas senior sejak 2014 dan menempati posisi kesembilan di FIBA World Cup (5-1). Yunani belum pernah memenangkan kejuaraan sejak EuroBasket 2005. Dalam FIBA World Cup, capaian terbaik mereka adalah runner up pada 2006.

“Ini sangat berbeda ketika bermain untuk Milwaukee, yang mewakili sebuah kota dan rekan setim. Tetapi bermain untuk timnas dan mengenakan jersi timnas itu sesuatu yang berat,” lanjut Giannis.

Pada EuroBasket 2022 lalu, Yunani terhenti di perempat final setelah kalah dari Jerman. Begitu halnya pada edisi 2015 ketika mereka kalah dari Spanyol. Ini menjadi capaian terbaik Giannis bersama Yunani.

Yunani dipastikan tampil di putaran final FIBA World Cup 2023. Mereka lolos setelah masuk tiga besar putaran kedua kualifikasi zona Eropa.

“Saya menyukai perasaan ini. Saya suka bisa mewakili 11 juta orang di negara ini dan lima juta lainnya di seluruh dunia karena saya melihat ada semangat untuk basket. Jika saya adalah alasan untuk hal itu, maka itu adalah hal yang sangat hebat,” kata peraih tujuh kali All-Star itu.

FIBA World Cup 2023 akan berlangsung di tiga negara yaitu Filipina, Jepang, dan Indonesia pada 25 Agustus-10 September mendatang. Belum bisa dipastikan di negara mana Yunani menjalani babak grup. Undian baru akan dilakukan pada 29 April 2023. Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah grup G dan H, salah satunya adalah Kanada. (rag)

Foto: FIBA

Komentar