IBL

Manajemen Los Angeles Lakers akhirnya mendengarkan keluhan penggemar dan juga pemain. Pada hari Selasa, 24 Januari 2022, waktu Indonesia, manajemen Lakers mengumumkan bahwa mereka mendatangkan Rui Hachimura dari Wizards. Keputusan tersebut mendapatkan pujian dari penggemar dan legenda Lakers. Sebab apa yang diharapkan selama ini, tentang perbaikan roster, akan terpenuhi dengan kedatangan Hachimura. 

Dikutip dari laporan The Athletic, Rui Hachimura didatangkan Lakers dengan imbalan Kendrick Nunn dan tiga pick putaran kedua dalam NBA Draft. Manajer umum Lakers Rob Pelinka akhirnya menjawab kritik soal pemain-pemain yang tidak bisa membantu LeBron James. Bahkan "Sang Raja" juga sempat mengeluhkan kalau timnya kurang kompetitif. Dan, akhirnya manajemen angkat bicara soal keputusan mendatangkan Hachimura. 

"Kami ingin menambahkan ukuran dan kedalaman di posisi sayap. Itulah tujuan kami mendatangkan Rui Hachimura. Lagi pula, kesempatan untuk memperoleh pemain dengan ketrampilan dua arah (offense dan defense) seperti Rui tidak akan muncul dua kali. Oleh karena itu, saya setuju dengan pertukaran ini," kata Rob Pelinka kepada Mike Trudell dari Lakers.com

Hachimura bertubuh besar dan bisa melakukan tembakan jarak jauh. Tentunya ini jadi nilai tambah baginya. Melihat grafik kedalaman tim Lakers, Hachimura jelas bisa membantu LeBron James, ketika Anthony Davis tidak bisa maksimal. Buktinya, Hachimura berhasil keluar dari bangku cadangan Wizards, dan berperan sebagai pemain inti dengan kontribusi rata-rata 13,0 poin dan 4,3 rebound per pertandingan dalam 24,3 menit per laga. 

Sementara itu, analis NBA dari ESPN Kirk Goldsberry memberikan data bahwa sampai sekarang tidak ada pemain Lakers yang membuat 40 persen poin mereka dari gerakan tangkap dan tembak (catch-and-shoot). Tapi Rui Hachimura telah membuat 85 dari 206 percobaan (41,3 persen) dari gerakan tangkap dan tembak dala dua musim terakhir. Jadi menurut Goldsberry, Hachimura merupakan sosok pemain yang ideal untuk membantu menyelesaikan masalah Lakers. 

Pertukaran pemain ini juga mendapatkan pujian dari legenda Lakers, Magic Johnson. Dia menuliskan dalam akun Twitter pribadinya, tanggapan soal skema pertukaran pemain ini. "Saya senang dengan keputusan Lakers mendatangkan Rui Hachimura. Dia punya ukuran (postur), atletis, dan pintar. Namun dia harus lebih agresif di lapangan," tulisnya. 

Hachimura akan berada di bawah sorotan tajam di Lakers. Dia akan memiliki peran yang lebih besar, dengan beban yang lebih berat di Los Angeles, ketimbang di Washington. Mengingat Lakers sekarang sedang berjuang untuk mendapatkan tiket playoff, namun harus berurusan dengan banyaknya pemain cedera. Kalau Hachimura dapat membuat kontribusi besar, dan Lakers akhirnya masuk 10 besar musim ini untuk mengamankan tempat di play-in tournament, maka dia akan semakin dihormati.

Sebaliknya, kalau tidak terjadi peningkatan performa karena kedatangan Hachimura, setidaknya penggemar bisa berharap bahwa tim kesayangannya akan memiliki roster yang lebih baik di putaran kedua, karena Austin Reaves, Lonnie Walker IV, dan Anthony Davis yang kembali dari cedera. (*)

Foto: nbamaniacs.com

Komentar