IBL

Nirmala Dewi masuk dalam jajaran 83 bakal calon Eksekutif Komite (Exco) PSSI 2023-2027 yang diumumkan pada Senin (15/1) lalu. Nirmala saat ini menjabat sebagai Sekjen PP Perbasi periode periode 2019-2023. Saat ditemui di Kantor Kemenpora, Jakarta pada Selasa (17/1), Nirmala mengaku kaget namanya masuk dalam bursa Exco PSSI.

Ia juga tidak tahu siapa voter yang mencalonkan namanya tersebut. Nirmala mengatakan saat ini ia ingin fokus dengan apa yang menjadi tugasnya di Perbasi. “Saya terbiasa segala sesuatu itu fokus. Sekarang fokus dulu membenahi bola basket,” kata Nirmala.

Baca juga: Persiapan Tuan Rumah FIBA World Cup 2023, Panpel Temui Menpora

“Tetapi basket dan sepak bola sesuatu yang tidak terpisahkan dari hidup saya. Artinya saya nggak asing dengan sepak bola dan basket juga jadi rumah saya. Saya nggak tahu nanti ke depan. Tapi kalau untuk exco kan sudah tertutup karena saya tidak mengembalikan formulir,” lanjut Nirmala.

Sebelum masuk jajaran pengurus Perbasi, Nirmala memang aktif di sepak bola. Ia pernah menjadi Direktur Marketing dan Promosi PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) pada 2014-2019. Selain itu, Nirmala juga pernah menjadi salah satu pengurus KONI Sumatera Selatan sejak 2009-2020.

Nirmala memang sudah menolak pencalonan exco. Tetapi ia mengaku akan dengans enang hati membantu sepak bola atau cabor lainnya jika diperlukan. Ketika ditanya tentang peluangnya di PSSI sebagai sekjen, Nirmala belum memutuskan secara pasti.

“Wah, tidak tahu. Itu kan urusannya ketua umum terpilih nanti. Sekarang fokus saya membenahi sesuai tugas negara. Sesuai SK, saya sebagai Sekjen Perbasi. Saat ini ada tugas di FIBA World Cup 2023. Beresin itu dulu,” jelas Nirmala.

“Sebelumnya di SEA Games 2022 selesai, kita mendapat emas. Nanti di SEA Games 2023, harus dapat (emas) lagi. Itu tugas yang harus saya lakukan sebaik-baiknya. Harus bawa perubahan yang baik.”

Tahun 2023 menjadi tahun yang sibuk untuk Perbasi. Agenda terdekat adalah SEA Games 2023 di Kamboja pada 5-17 Mei mendatang. Kemudian FIBA World Cup 2023 pada 25 Agustus-9 Oktober mendatang. Setelah itu Asian Games 2022 di Hangzhou yang mengalami penundaan menjadi 23 September-8 Oktober 2023. (rag)

Foto: Perbasi

Komentar