IBL

Indonesia tengah bersiap menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang. Event tersebut dijadwalkan berlangsung pada 25 Agustus – 10 September 2023. Sebagai bentuk kesiapan, pemerintah sedang membangun venue basket indoor di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta.

Lokasi venue tersebut tepat berada di sebelah Hall A Basket Senayan. Venue itu akan memiliki kapasitas 16 ribu penonton. Tidak hanya untuk basket, tetapi juga bisa digunakan untuk kegiatan lain seperti bulutangkis, voli indoor, bahkan konser musik.

Event Director FIBA World Cup 2023 Indonesia Budisatrio Djiwandono mengatakan saat ini pembangunan venue sudah mencapai 34 persen. Pada Senin (11/4) lalu, Perbasi bersama Executive Director FIBA David Crocker telah meninjau lokasi pembangunan.

“Dari peninjauan terakhir itu, presentase (pembangunan) sudah lebih cepat. Dari FIBA mengarahkan Maret 2023 (venue) harus sudah jadi dan bisa digunakan sebagai ajang uji coba. Kami menargetkan Desember mendatang field of play-nya sudah terbangun,” ujarnya disela-sela penandatanganan sponsorship dengan Bank Mandiri di FX Sudirman, Jakarta pada Selasa (12/4) itu.

Sebelum resmi digunakan, Budi menjelaskan nantinya akan ada tes event yang melibatkan tim dari beberapa negara peserta. Dia ingin momen FIBA World Cup 2023 nanti bisa lebih megah daripada Asian Games 2018. Apalagi dia bekerja dengan tim yang terlibat di event basket Asian Games 2018 itu. Secara teknis menurutnya tidak akan terlalu sulit.

“Kami pertimbangkan tim dari luar (negeri). Uji coba tidak hanya venue. Tetapi juga dari sisi kedatangan kontingen, imigrasi, hingga protokol kesehatan yang diterapkan. Antisipasi kesiapan dari perangkat penunjang juga,” kata Budi.

Penandatanganan sponsorship itu juga bertepatan dengan 500 hari menjelang FIBA World Cup 203 digelar. Menpora Zainudin Amali mengatakan pihaknya berkomitmen menyukseskan acara tersebut.

“Perhelatan ini belum tentu kita dapatkan lagi dalam jangka waktu yang dekat. Soal kesiapan sebagai tuan rumah, gedung saja mau dibikin apalagi kesiapan yang lain-lain. Untuk (persiapan) timnas itu, kami serahkan sepenuhnya kepada Perbasi,” ujarnya. (rag)

Foto : Perbasi

Komentar