IBL

Banyak drama yang terjadi di Final NBA 2022, antara Golden State Warriors melawan Boston Celtics. Termasuk ketika Draymond Green membuat pernyataan keras yang mengecam perilaku pendukung Boston Celtics. Green mengatakan kalau beberapa penggemar sudah melampaui batas. Dia meminta pengelola NBA untuk turun tangan mengatasi masalah ini. 

Anda tentu masih ingat di mana sebuah peristiwa yang membuat hati seorang istri terluka. Pada saat itu, Gim 3 Final NBA antara Celtics dan Warriors berlangsung di TD Garden. Karena ingin membalas kekalahan tim kesayangannya, penggemar Celtics menyambut Draymond Green dengan teriakan "F*** Draymond Green". Seketika itu, istri Green langsung menangis dan beranjak dari kursinya. 

Setelah pertandingan, Green mengecam tindakan tersebut. Sementara dia juga mengatakan kalau NBA harus turun tangan. Sebab beberapa orang penonton sudah melewati batas, serta menggunakan kata-kata dengan konotasi negatif. Dalam sebuah wawancara dengan New York Times Magazine, Green ingin mengungkapkan kemarahannya. 

"Itu lebih jahat daripada yang pernah saya lihat sebelumnya. Saya belum pernah secara terbuka mendengar begitu banyak pernyataan rasis saat saya berada di lapangan," kata Green. 

Foto: Golden State of Mine

Jika dia benar-benar mengalami pelecehan rasial, Anda pasti bertanya-tanya mengapa tindakan tidak diambil oleh Celtics atau NBA? 

Tidak ada alasan apapun untuk membenarkan tindakan tersebut, Dan, para penggemar yang melakukan tindakan berbau rasisme harus dihukum. Namun Komisaris Adam Silver tidak menganggapnya terlalu serius, karena dia mengindikasikan bahwa para penggemar harusnya bersenang-senang ketika menyaksikan pertandingan. Sayangnya, penggemar Boston Celtics punya reputasi buruk selama ini. Kesannya mereka tidak berusaha memperbaiki. 

Ternyata tidak hanya Green yang pernah mengalami hal yang sama. Russell Westbrook juga bernasib sama dengan Green saat masih berseragam Washington Wizards. Dia mendapat teriakan berkonotasi negatif, pada play-in-game NBA di TD Garden, bulan Mei 2021. Kemudian pada bulan April 2022, Kyrie Irving juga mendapatkan perlakukan yang sama di TD Garden. Irving yang sudah berseragam Brooklyn Nets diteriaki setiap dia memegang bola. Lalu banyak teriakan negatif terhadap Kyrie selama pertandingan berlangsung. 

Semoga NBA menaruh perhatian mengenai hal tersebut. Karena bisa mengganggu kenyamanan pemain, terutama dari sisi mentalnya. (*)

Foto: en.as.com

Komentar