IBL

Rans Pik Basketball menjalani musim perdana di Indonesian Basketball League (IBL) 2022 cukup sukses. Mereka menjadi tim terakhir yang lolos babak playoff dengan rekor menang-kalah 22-1. Langkah Rans untuk melaju ke semifinal IBL 2022 dihentikan oleh Pelita Jaya Bakrie Jakarta 2-1.

Dalam peluncuran tim yang berlangsung di kawasan Pluit, Jakarta pada Selasa (10/1) itu, Rans cukup optimis menapaki musim keduanya. Meski mereka mengalami perubahan roster cukup signifikan. Ada tiga pemain senior yang hengkang yaitu Bima Risky Ardiansyah, Nuke Tri Saputra, dan Christian Gunawan.

Selain itu juga ada perubahan dari susunan pelatih. Mereka telah dua kali mengganti kepala pelatih. Pertama Koko Heru Setyo Nugroho pada musim reguler IBL 2022. Kemudian Chris Daleo pada playoff IBL 2022 dan Indonesia Cup 2022. Kini asisten pelatih Bambang Asdianto Pribadi naik jabatan sebagai kepala pelatih.

“Luar biasanya menuju musim baru ini. Rans memang ditinggalkan tiga pemain seniornya dan sekarang lebih banyak pemain muda. Lebih naik turun dan lebih asik menjalaninya Tapi kami sepakat mulai seri pertama sampai terakhir, kami akan beri kejutan,” kata Coach Mbing, sapaan Bambang Asdianto Pribadi yang ditemui usai peluncuran tim.

Perubahan Rans begitu terasa saat turnamen pramusim Indonesia Cup 2022 itu. Rans tergabung di grup C bersama Pelita Jaya, Bima Perkasa Jogja, dan Bali United Basketball Club. Hasilnya Rans nihil kemenangan dalam turnamen tanpa pemain asing itu.

“Perubahan pemain pastinya (berpengaruh). Ada pemain keluar, ada yang masuk. Akeem Scott sudah sama kami dari musim lalu. Ini memberikan warna berbeda buat kami dan harus cepat adaptasinya. Sebagai tim semua sudah cukup lancar,” lanjut Coach Mbing.

Sementara itu Raffi Ahmad selaku pemilik klub menargetkan timnya bisa lebih baik dari musim lalu. “Tim ini baru berusia 2 tahun tapi kami tidak mau memberikan setengah-setengah. Target musim 2023 naik sedikit, slow but sure. Bisa masuk playoff delapan besar dan perempat final. Dapat peringkat lebih baik dari sebelumnya,” tutur Raffi. (rag)

Komentar