IBL

Garda Toronto Raptors Fred VanVleet ternyata punya rahasia yang selama ini disembunyikan. Rahasia ini terkait penawaran perpanjangan kontrak. Namun seiring berjalan waktu, rahasia ini terbongkar. Ternyata manajemen Raptors ingin menambah durasi kontraknya sampai empat tahun. Namun pemain yang berseragam Raptors sejak 2016 tersebut belum memberi jawaban. 

Kabar ini pertama kali disampaikan oleh Josh Lewenberg dari TSN. Manajemen Raptors memberikan penawaran kontrak selama empat tahun senilai 114 juta dolar Amerika, pada awal musim 2022-2023. Namun pada 7 Januari 2023, muncul berita yang disampaikan oleh Michael Grange dari Sportsnet, bahwa VanVleet sampai sekarang belum memberi jawaban. 

"Fred VanVleet ditawari perpanjangan 4 tahun seharga 114 juta dolar, sebelum musim dimulai. Tawaran tidak ditolak (oleh VanVleet), tetapi merupakan keputusan bersama untuk menunggu, tanpa tenggat waktu yang dibahas," kata Grange. 

Menurut Grange, jumlah penawaran tersebut merupakan angka tertinggi yang bisa diberikan Raptors. Mengingat VanVleet bukan berasal dari Draft NBA atau pemain undrafted. Namun karena jasanya besar bagi klub, maka manajemen berani memberikan kontrak maksimal. Padahal sampai detik ini, VanVleet masih punya kontrak dengan Raptors hingga tahun 2024. Ini merupakan kontrak yang dijalani setelah perpanjangan senilai 85 juta dolar Amerika pada tahun 2020, menurut data Spotrac

Kabar ini terkesan agak memaksa. Karena VanVleet musim ini berjuang untuk mengatasi kesulitan. Dia mencetak rata-rata 18,8 poin per pertandingan dengan akurasi tembakan 37,7 persen. Sementara Raptors sendiri ada di peringkat ke-12 klasemen Wilayah Timur dengan rekor 16-23. Jadi mempertahankan VanVleet dianggap para pengamat bukan strategi yang tepat. Tapi masih ada waktu sebelum keputusan ini ditetapkan. 

Batas akhir transfer pemain, termasuk soal perpanjangan kontrak NBA ditetapkan pada 9 Februari 2023. Sehingga manjemen Raptors dan pihak VanVleet masih punya waktu satu bulan untuk membahas kontrak tersebut. Masih ada kemungkinan bagi manajemen Raptors untuk membatalkan tawaran perpanjangan kontrak pada VanVleet. (*)

Foto: Yardbarker.com

Komentar