IBL

Pada bulan September 2022, bintang Dallas Mavericks Luka Doncic menggugat ibunya sendiri, Mirjam Poterbin. Merek dagang "LUKA DONCIC 7" yang dimiliki ibunya sejak 2020 tidak direstui oleh Doncic. Namun pada 5 Desember 2022, Doncic dilaporkan mencabut gugatan tersebut. Sehingga kasus ini berakhir dengan damai. 

Menurut catatan kasus di situs web Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat , Doncic pada 5 Desember 2022 menghentikan petisi yang dia ajukan pada 6 September 2022, di mana dia berusaha untuk membatalkan pendaftaran merek dagang milik ibunya. The Dallas Morning News juga sudah merilis berita bahwa sengketa merek dagang antara Luka Doncic dan ibunya sudah diselesaikan secara damai. 

Doncic memiliki logonya sendiri, yaitu angka "77" yang dikonfigurasi agar terlihat seperti "LD", dengan garis besar huruf "S" yang menandakan negara asalnya Slovenia. Logo tersebut diluncurkan pada bulan September 2021, tak lama setelah dia menandatangani perpanjangan kontrak maksimal bersejarah senilai 207 juta dolar Amerika dengan Dallas Mavericks. Logo tersebut telah muncul di semua sepatu dan pakaian Jordan Brand, serta perusahaan bisnis dan amalnya.

Lalu apa yang digugat oleh Doncic. Ternyata ada logo "7" asli, dengan nama Doncic yang diwakili oleh "L", yang membentuk 7 terbalik dan 7 lainnya di bawah "D". Logo tersebut digunakan Doncic di awal karirnya, tidak lama setelah Mavericks memperoleh hak drafnya pada Juni 2018. Pada November 2018, Doncic yang saat itu berusia 19 tahun memberikan izin kepada ibunya untuk mendaftarkan namanya sebagai merek dagang. Merek tersebut resmi terdaftar pada Januari 2020.

Logo lama dan logo baru Luka Doncic. Foto: underconsideration.com

Menurut petisi yang diajukan atas namanya pada bulan September, saat dia berkompetisi untuk Slovenia di EuroBasket, Doncic pada Juli 2021 memberikan pemberitahuan tertulis kepada ibunya. Doncic tidak setuju untuk menggunakan, dan mendaftarkan merek dagang "7", karena dia ingin mengembangkan merek tersebut tanpa keterlibatan ibunya.

"Saya memiliki banyak hal untuk dilakukan, karena saya terus tumbuh sebagai pemain dan pribadi. Penting bagi saya untuk mengontrol merek saya sendiri dan fokus untuk menegmbangkanya," kata Doncic dalam pernyataan yang diberikan kepada reporter NBA Marc Stein pada bulan September 2022.

Setelah berita ini dirilis, Doncic tidak memberikan pernyataan apa-apa. Termasuk bagaimana kelanjutan merek dagang tersebut. Namun dengan kabar kesepakatan damai oleh kedua belah pihak, maka Doncic bisa lebih fokus dalam mengembangkan produknya bersama Jordan Brand. (*)

Foto: n1info.com

Komentar