IBL

NBA terus memperluas jangkauan global. Setelah kesuksesan tur Timur Tengah pertama pada Oktober lalu, NBA dilaporkan akan kembali ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada pramusim 2023. Mereka akan memboyong Luka Doncic dan Dallas Mavericks sebagai tajuk utama tur di Timur Tengah itu.

“Dari sumber yang saya dapat, USA Basketball selanjutnya sedang dalam proses mengatur masa tinggal persiapan di Abu Dhabi pada Agustus sebelum dilanjutkan ke FIBA World Cup 2023 yang akan dimulai pada 25 Agustus-10 September 2023 di Indonesia, Jepang, dan Filipina,” tulis Marc Stein.

Pada pramusim sebelumnya, Atlanta Hawks dan Milwaukee Bucks memainkan dua laga eksibisi di Abu Dhabi. Selain Uni Emirat Arab, NBA juga menggelar laga pramusim di Jepang yang menyajikan gim Golden State Warriors dan Washington Wizards.

Mavericks akan memainkan dua pertandingan di pramusim di Abu Dhabi mendatang. Salah satunya melawan Real Madrid, mantan klub Luka. Sementara itu satu lawan lainnya masih belum ditentukan. “Pemilik Maverick Mark Cuban telah bertekad untuk mengatur pertandingan pramusim di Madrid atas nama pemain klubnya,” lanjut Stein.

Luka mengawali kariernya di Madrid pada 2015-2018. Ia memulai karier profesional pada usia 16 tahun pada April 2015. Bersama Madrid, Luka memenangkan EuroLeague 2018 dan terpilih menjadi MVP. Luka menjadi pemain termuda ketika dinobatkan sebagai MVP pada usia 19 tahun.

Setelah memberikan Madrid tiga gelar Liga ACB plus satu Euro League, Luka mengumumkan mengikuti NBA Draft 2018. Ia menjadi pilihan ketiga oleh Atlanta Hawks. Luka kemudian ditukar dengan Trae Young. Setahun berselang, Luka menyabet gelar Rookie of the Year.

Penampilan Luka semakin menjadi. Ia menjadi salah satu pemain terbaik NBA saat ini. Luka memimpin liga dengan rata-rata 34,5 poin per gim, menempati posisi keempat asis (8,9) dan urutan ke-22 rebound (8,7).

Performa itu membawa Mavericks memenangkan tujuh gim beruntun. Saat ini mereka bertengger di posisi keempat klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah 22-16.

Houston Rockets menjadi korban terbaru. Pada gim yang berlangsung di Toyota Center, Houston pada Senin (2/1) waktu setempat, Mavericks unggul 111-106. Luka meraih dobel-dobel 39 poin, 12 rebound, dan delapan asis. (rag)

Foto: Bleacher Reports, Real Madrid

Komentar