IBL

Golden State Warriors menang 118-112 atas Portland Trail Blazers di Chase Center, Sabtu, 31 Desember 2022. Inilah rekor empat kemenangan beruntun Warriors musim ini. Sekaligus membuat persentase kemenangan mereka naik jadi 50 persen, setelah tiga minggu terpuruk. Namun kenapa justru empat kemenangan beruntun ini dianggap biasa saja. Tak ada hal yang istimewa. 

Ternyata yang harus digaris bawahi dari kalimat pembuka di atas adalah Chase Center. Karena di sinilah letak permasalahannya. Empat kemenangan Warriors seakan tidak berarti apa-apa ketika mereka mendapatkannya di kandang sendiri. Faktanya, Warriors musim ini memang perkasa di rumahnya, tapi lemah di kandang lawan. 

Warriors telah menjadi tim yang sangat membingunkan untuk ditonton musim ini. Terkadang mereka terlihat seperti tim yang mampu mempertahankan gelar. Tapi di lain pertandingan, Warriors sepertinya pantas berada di dasar klasemen. Dikutip dari data Sport Radar, Warriors memiliki rekor kandang dan tandang paling timpang sejak NBA dan ABA bersatu. 

Sungguh tidak masuk akal melihat data di atas. Karena di kandang sendiri, Warriors mencetak rekor 15-2, dengan persentase kemenangan 88 persen. Mereka jadi tim terbaik di NBA ketika bermain di kandang sendiri. Tetapi ketika bertandang, Warriors malah punya rekor paling buruk di liga. Mereka hanya menang 3 kali dari 19 pertandingan tandang atau dengan persentase 16 persen. Musim ini Warriors jadi tim yang punya rekor tandang terburuk di liga. 

"Yang kami bisa lakukan sekarang hanyalah bertahan. Sulit untuk naik dari tren kami dengan tim yang ada sekarang. Jadi kami harus bisa bertahan," kata Steve Kerr, dikutip dari Yahoo!Sports. 

Terkadang, rekor pertandingan di musim reguler tidak terlalu penting. Karena lolos ke playoff, jauh lebih penting. Namun, dalam kasus Warriors, jika tim ini harus melewati turnamen play-in, maka rekor pertandingan (kandang dan tandang) sangat penting. Karena angka-angka ini bisa menunjukkan keuntungan home-court bagi tim tersebut. 

Sementara itu, di tengah pasang-surut timnya. Draymond Green membuat catatan yang gemilang. Dilansir Sports Illustrated, Green berhasil melewati Chris Mullin untuk rekor tripoin terbanyak kelima dalam sejarah klub. Green menempati tempat kelima setelah mencetak tripoin ke-591 di laga melawan Trail Blazers. Green berpeluang melewati rekor Tim Hardaway yang mengumpulkan 602 tripoin ketika membela Warriors. (*)

Foto: USA Today

Komentar