IBL

JR Smith kembali membuat sensasi. Kali ini di media sosial, dia menyebut bahwa Stephen Curry tidak layak menjadi MVP Final NBA 2022. Justru Smith mengatakan gelar itu seharusnya jatuh ke tangan Andrew Wiggins. Menurutnya, Wiggins menjadi faktor utama kesuksesan Warriors di Final NBA 2022 menghadapi Boston Celtics. 

Smith memberikan pernyataan bahwa dalam tiga gelar juara NBA sebelumnya, ada dua MVP Final, yang memang pantas membawa pulang gelar tersebut. Pertama, ada nama Andre Tyler Iguodala. Dia menjadi MVP Final NBA 2015. Saat itu Warriors sukses menyapu Cleveland Cavaliers di Final NBA 2015. Tentu saja, JR Smith tahu kapasitas pemain yang akrab disapa Iggy tersebut. Karena dia langsung berhadapan dengannya di pertandingan final. 

Smith kemudian menyebut nama Kevin Durant, yang menjadi MVP Final di dua edisi beruntun, yaitu di Final NBA 2017 dan 2018. Kali ini, Smith tidak menyangkal bahwa KD benar-benar berpengaruh dalam kesuksesan Warriors. Smith juga menaruh hormat pada KD, dan tidak mempermasalahkan dua gelar tersebut. 

Sementara, di Final NBA 2022, Stephen Curry terpilih sebagai MVP Final, dan akhirnya membawa pulang trofi yang sempat luput dalam catatan karirnya. Namun menurut Smith, bukan Curry yang seharusnya jadi MVP Final, melainkan Andrew Wiggins. 

"Bagi saya, Wiggins seharusnya memenangkan gelar MVP Final saat Warriors juara di tahun 2022. Itu pendapat saya," tulisnya. 

Smith mengatakan kalau Wiggins bermain bagus untuk menjaga pertahanan Warriors dari serbuan Jayson Tatum dan Jaylen Brown. Namun menurut Ernesto Cova dari Cold Wire, Smith tidak punya dasar yang jelas dalam menuliskan pernyataan tersebut. Curry bertugas sebagai katalis ofensif dan pemimpin Warriors di dalam dan luar lapangan. Jelas Cova tidak setuju dengan pendapat Smith. 

Tidak dapat disangkal bahwa Golden State Warriors telah mengubah permainan bola basket. Steve Kerr dan gaya run-and-gun yang diterapkan oleh Splash Brothers telah memaksa lawan melakukan penyesuaian dalam pertahanan. Para pemain muda di seluruh dunia juga ingin melakukan tembakan jarak jauh saat penguasaan bola. Itu semua berkat Stephen Curry, penembak jitu terhebat yang pernah ada, dan salah satu pemain paling berpengaruh dalam sejarah permainan bola basket. (*)

Foto: Bussiness Insider India

Komentar