IBL

Pada awal bulan Desember 2022, media olahraga di Amerika Serikat memberitakan soal Ja Morant yang bakal mendapatkan sepatu khas (signature shoes) dari Nike. Pihak Ja Morant dan Nike sedang mengerjakan proyek ini dan diharapkan rampung pada tahun 2023. Namun tampaknya sudah semakin dekat dengan peluncuran. Karena Ja sudah memamerkan logo barunya. Ternyata logo ini disebut-sebut mirip punya mendiang Kobe Bryant. 

Ja Morant diprediksi akan mendapatkan puncak kejayaannya pada musim 2022-2023. Dia membantu Memphis Grizzlies ada di papan atas klasemen Wilayah Barat bersama Denver Nuggets. Tentu saja dia menjadi aset berharga bagi Nike, perusahaan pakaian olahraga yang menaunginya. Dan, proyek sepatu khas Ja Morant yang digembar-gemborkan ternyata dipercepat setelah Nike kehilangan Kyrie Irving. 

Rumor menyebutkan bahwa sepatu khas tersebut akan diberi nama Nike Ja 1 yang rencananya dirilis pada tahun 2023. Ini bakal jadi pencapaian luar biasa dan patut dirayakan oleh Ja. Dan, dia sendiri tampaknya sudah tidak sabar untuk tampil dengan sepatu khasnya sendiri. Seperti baru-baru ini, Ja terlihat memakai pakaian yang tercetak logo barunya. Foto-foto Ja Morant dengan logo baru ditampilkan oleh akun Twitter @nicekicks.

Sementara, bukan netizen namanya, kalau tidak membanding-bandingkan sesuatu. Dikutip dari laporan Matius Bettoni (Dunkest.com), logo Ja Morant yang dibuat Nike, disebut mirip dengan lambang Mamba yang disematkan pada Nike Kobe milik mendiang Kobe Bryant. Hanya saja tampilannya dibalik secara vertikal. 

Logo tersebut terdiri dari huruf "J" dan "M" yang diambil separuh. Tapi kalau dilihat sekilas seperti membentuk aksara "JA". Di bagian bawah ada garis lengkung yang semakin menegaskan kemiripan dengan logo Mamba. Bedanya, Nike menambahkan "Swoosh" kecil di bagian bawah. Jadi ada kemungkinan bahwa Nike sengaja membuat logo ini mirip dengan Mamba. 

Sampai sekarang belum ada penjelasan resmi mengenai logo tersebut. Tetapi ketika sudah tercetak di pakaian, dan dikenakan oleh pemain, maka kemungkinan besar memang logo inilah yang akan muncul pada sepatu khas Ja Morant tahun depan. Sementara itu, Parker Fleming dari grizzlybearblues.com menulis bahwa Ja Morant akhir-akhir ini senang memakai Nike Kobe IX yang memberikan dukungan penuh pada pergelangan kakinya. Dengan kata lain, dia sendiri memang penggemar sepatu-sepatu khas Kobe Bryant. (*)

Foto: The San Diego Union-Tribune

Komentar