IBL

Tim nasional (timnas) 3x3 melakukan persiapan menuju SEA Games 2023. PP Perbasi memanggil 15 pemain untuk seleksi. Kali ini mereka menyiapkan komposisi baru. Dari 15 nama yang dipanggil, ada Jamarr Johnson dan Sandy Ibrahim yang menjadi skuad timnas SEA Games 2022.

Selain melakukan perubahan dari segi pemain, Perbasi juga menunjuk Raoul Miguel Hadinoto sebagai pelatih baru. Ia menggantikan Ali Budimansyah yang memimpin timnas 3x3 di dua edisi SEA Games. Kemudian posisi manajer diganti oleh James Winson yang sebelumnya dijabat oleh Ferry Jufri.

Pada SEA Games 2022 lalu, timnas 3x3 gagal meraih medali. Emas diraih oleh Thailand, perak disabet Vietnam, dan Filipina mendapat perunggu. Padahal pada SEA Games 2019, timnas 3x3 meraih perak setelah kalah dari Filipina.

Ebos, sapaan Raoul Miguel Hadinoto, merupakan pelatih West Bandits Combiphar Solo pada IBL 2022. Kemudian West Bandits mendatangkan Nedas Pacevicius dan melakukan debutnya di Indonesia Cup 2022.

Timnas 3x3 telah melakukan seleksi pada 1 dan 2 Desember lalu di Playfields Court Palmerah, Jakarta Barat. Nantinya ada 12 pemain yang masuk daftar pemanggilan berikutnya. Setelah itu dipangkas menjadi delapan nama hingga memilih empat pemain untuk roster SEA Games 2023 di Kamboja.

Dalam seleksi pertama itu ada 13 dari 15 pemain yang hadir. Asisten manajer Cesar Wilhelem mengatakan dua pemain yang absen karena bersamaan dengan latihan timnas 5 on 5 dan satunya masih di luar negeri. Mereka adalah Lester Prosper dan Serigne Modou Kane.

“Kami sengaja memanggil pemain senior dan junior karena memikirkan masa depan Timnas 3x3. Kami ingin selain membangun kekuatan juga memikirkan regenerasi. Diharapkan para pemain muda ini bisa diandalkan di masa mendatang,” kata Cesar dalam rilis Perbasi. (rag)

Daftar Pemain Seleksi Timnas 3x3:

Patrick Nikolas (West Bandits Combiphar)

Rio Disi (West Bandits Combiphar)

M. Sandy Ibrahim Azis (Satria Muda)

Avan Seputra (Satria Muda)

Laurentius Steven Oei (Satria Muda)

Restu Dwi Purnomo (Bima Perkasa)

Fernando Fransco Manangsang (Prawira Bandung)

William Beckham Mamahit Pontoh (NSH Mountain Gold)

Randy Ady Prasetya (Satya Wacana Salatiga)

Muhammad Rizky Ari Daffa (Bumi Borneo)

Leonardo Effendy (Dewa United)

Jamarr Andre Johnson (Dewa United)

Daffa Dhoifullah (Elang Pacific Caesar)

Lester Prosper

Serigne Modou Kane

 

Foto: Perbasi

Komentar