IBL

Phoenix Suns lanjutkan tren positif mereka usai membekuk Kings di Sacramento dengan skor 122-117, Senin (28/11), waktu setempat. Ini jadi kemenangan kelima beruntun Suns. Suns sudah dua kali mendapatkan tren lima kali menang beruntun musim ini. 

Devin Booker masih jadi poros utama Suns yang belum juga diperkuat Chris Paul akibat cedera tumit. Bermain 40 menit, Booker mencetak 44 poin, 8 rebound, 4 asis, dan 6 steal. 

Booker sangat efektif dengan akurasi di angka 61 persen (17/28) dan sempurna dari 9 tembakan gratis. Termasuk di antaranya dua tembakan gratis yang membuat jarak menjadi seperti skor akhir gim. Ini adalah 40+ poin kedua Booker musim ini. 

Mikal Bridges juga bermain 40 menit dan memiliki catatan istimewa. Statistiknya hari ini adalah 13 poin, 8 rebound, 7 asis, 3 steal, dan 3 blok. Hanya ada Ben Simmons dan Shai Gilgeous-Alexander yang membukukan catatan serupa musim ini. 

Deandre Ayton menyumbangkan dobel-dobel 17 poin dan 12 rebound. Barisan cadangan dipimpin oleh Damion Lee yang panas melalui 15 poin. Torrey Craig solid dengan 11 poin plus 5 rebound. Satu rebound Craig adalah offensive rebound yang mematikan upaya Kings mengejar ketinggalan mereka di akhir laga. 

Gim memang berlangsung sengit dengan kedua tim saling bergantian mencuri momentum. Momentum keunggulan Suns di akhir kuarter tiga hilang di sisa enam menit gim. Serangan bertubi-tubi dari Malik Monk, De'Aaron Fox, dan Domantas Sabonis membuat Kings berbalik unggul. 

Sayangnya, momentum ini juga tak bertahan lama. Di sisa dua menit gim, Suns melalui gempuran Booker, Bridges, dan Lee kembali membuka jarak menjadi 10 poin. Upaya Kings mengejar berhasil mendekatkan jarak jadi tiga poin di sisa 35 detik terakhir gim. Upaya Bridges menembak tripoin meleset tapi bola berhasil direbut Craig yang mengunci kemenangan Suns. 

Monk sangat agresif di gim ini dengan catatan 30 poin dan 8 asis selama 30 menit bermain. Ia hanya meleset lima kali dari 17 percobaan (71 persen). Sabonis nyaris tripel-dobel dengan 17 poin, 9 rebound, dan 10 asis. 

Kevin Huerter juga membantu banyak dengan 18 poin, 7 rebound, dan 3 steal. Salah satu steal Kevin membuat jarak menjadi tiga poin di 35 detik terakhir gim. Fox 11 poin, 5 rebound, dan 5 asis. Ruki, Keegan Murray dan Terence Davis masing-masing juga mencetak 11 poin. 

Suns kokoh di puncak klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor (14-6). Bagi Kings ini adalah kekalahan ketiga berturut-turut mereka. Secara keseluruhan, rekor Kings sekarang adalah (10-9). 

Kings akan coba memutus rekor buruk ini dengan menjamu Indiana Pacers, lusa. Suns juga akan bertindak sebagai tuan rumah di gim selanjutnya melawan Chicago Bulls, di hari yang sama. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar