IBL

LA Clippers menang dengan skor akhir 114-110 atas Indiana Pacers, di Crypto.com Arena, Senin, 28 November 2022. Salah satu yang mencuri perhatian adalah penampilan pemain Kroasia Ivica Zubac dengan catatan 31 poin, 29 rebound, dan 3 blok. Zubac menyamai catatan para legenda NBA, dan menjadi salah satu penampilan bersejarah dalam karirnya.

Dikutip dari eurohoops.net, Ivica Zubac menjadi pemain ketiga dalam sejarah NBA yang mencetak setidaknya 31 poin, 29 rebound, dan 3 blok, sejak musim 1973-1974. Atau, ketika blok atau menahan tembakan lawan masuk dalam lembar statistik. Pemain yang pernah melakukan hal serupa adalah legenda NBA Kareem Abdul Jabbar pada 2 Maret 1978 di New Jersey. 

Catatan 29 rebound tidak hanya yang terbaik secara pribadi untuk pemain Clippers tersebut, tetapi juga performa terbaik di NBA musim 2022-2023. Dari 29 rebound tersebut, 12 di antaranya ofensif rebound. Sedangkan untuk akurasi tembakan, Zubac juga mencatatkan rekor terbaik dalam karirnya dengan 14 tembakan masuk dari 17 percobaan. 

Data Statmuse menyebutkan kalau Zubac merupakan pemain yang pernah mencetak setidaknya 30 poin dan 25 rebound dalam satu pertandingan dengan akurasi tembakan 80 persen sejak era tembakan tripoin di NBA. Pemain yang pernah melakukan hal serupa adalah Shaquille O'Neal dan Charles Barkley. 

"Saya selalu ingin mencetak 20/20 dalam setiap pertandingan," kata Zubac. "Tapi ketika memiliki kesempatan untuk 30/30 maka saya akan berusaha untuk mengejarnya. 

Zubac awalnya tidak menyadari kalau dirinya sudah mencetak 16 poin dan 15 rebound di babak pertama. Kemudian teman-temannya menyadarkan Zubac, bahwa ada kesempatan untuk bisa mengukir sejarah. 

"Saya menyadarinya saat turun minum. Rekan-rekan memberi tahu saya bahwa bisa mencetak sejarah. Maka saya lakukan," imbuhnya. 

Kepala pelatih Tyronn Lue mengakui bahwa dalam serangan terakhir, seharusnya dia memerintahkan agar menahan layup TJ McCornell sehingga Zubac bisa mengambil defensive rebound. Namun tidak dilakukan, sehingga Zubac kurang satu rebound untuk mencetak 30/30. Meski bukan perkara besar, tapi Zubac tetap dikenang karena penampilan bersejarah dalam pertandingan tersebut. (*)

Foto: CBS Sports

 

Komentar