IBL

Menjadi pilihan utama dalam NBA Draft memang tidak menjamin karier pemain ikut cemerlang. James Wiseman, yang menjadi pilihan kedua NBA Draft 2020 akan berlaga G-League bersama Santa Cruz Warriors, tim yang berafiliasi dengan Golden State Warriors.

Keputusan itu diumumkan oleh Steve Kerr, pelatih Warriors, pada Selasa (15/11) waktu setempat. Wiseman harus bisa bertahan hingga 10 hari berturut-turut. Wiseman sendiri telah mendapat keputusan itu pada Minggu (13/11)

Wiseman tidak bermain dalam tiga gim Warriors sebelum mereka menang telak atas San Antonio Spurs pada Selasa WIB. Dalam gim itu Wiseman bermain selama 9 menit dengan meraih minus 6. Ia mencetak 2 poin, 2 rebound, dan 3 asis.

Ini juga menjadi gim ke-50 Wiseman selama tiga tahun pertamanya. Pemain dari University of Memphis itu bermain dalam 27 gim sebagai ruki. Lalu absen karena cedera meniskus pada April 2021.

Menurut ESPN Stats & Information, diantara pemain Warriors yang bermain 25 menit, Wiseman memiliki 99.7 offensive, 124,7 defensive, dan -24,2 efisiensi net. Membuatnya menjadi peringkat terakhir dalam tim.

“Dia membutuhkan pengulangan. Dia perlu bermain. Tidak mudah ketika dia tidak mendapatkan menit bermain,” ujar Kerr dilansir melalui ESPN.

Pada Summer League lalu, Wiseman bermain dalam 4 gim dengan rata-rata 10,5 poin dan 5,5 rebound. Ia bermain dalam waktu kurang dari 20 menit per gim.

“Saya memberitahu (Wiseman) bahwa ini bukan penurunan level. Ini bukan hukuman. Saya menyuruhnya pergi ke sana dan buatlah 50 tembakan, jadi agresif, mendapat teknik, bertahan, lakukan semuanya. Supaya dia bisa mengerti apa yang ia inginkan di level tertinggi,” ungkap  Jordan Poole.

Hal seperti ini memang sering dilakukan oleh Warriors. Mereka akan mengirim pemainnya ke G-League dan memanggilnya kembali saat pemain tersebut sukses. Poole pun pernah mengalami hal tersebut. Ia pernah dikirim ke Santa Cruz pada Desember 2019 dan kembali dipanggil lagi sebulan kemudian.

Santa Cruz akan bermain melawan South Bay Lakers pada Sabtu (19/11) mendatang. Ini menjadi kesempatan pertama bagi Wiseman.

“Saya tidak menganggap ini sebagai penurunan level. Saya hanya siap pergi ke sana dan membuat gebrakan,” kata Wiseman. (rag)

Foto: NBC Sports

Komentar