IBL

Kemunculan Victor Wembanyama menjadi pusat perhatian pada laga eksebisi di Las Vegas pada Oktober lalu. Pemain 18 tahun asal Prancis itu disebut sebagai calon pilihan pertama NBA Draft tahun depan.

Wemby memang memiliki gaya yang unik. Ia memiliki postur 220cm tetapi bisa mengontrol bola dengan baik ditambah bisa menembak dengan akurat. Menjadikan Weby sebuah paket lengkap.

Jenis permainan itu membuat Wemby dibandingkan dengan sosok Kevin Durant dan Giannis Antetokounmpo. Dalam wawancara dengan L'Equipe, Wemby menyebut bahwa ia justru mengagumi KD dan Giannis. “Saya mencoba mencuri beberapa hal dari mereka dan menerapkannya dalam gaya permainan saya,” ujar pemain Metropolitan 92 itu.

Baca juga: Victor Wembanyama, Calon Pilihan Pertama NBA Draft Tahun Depan

Alih-alih ingin meniru pemain-pemain idolanya, Wemby ingin menemukan karakternya sendiri. Ia mengaku tetap ingin menjadi diri sendiri. “Saya ingin menjadi pemain yang tidak dapat dijaga,” tegasnya.

“Seorang pemain yang mampu beradaptasi dengan semua situasi, serba bisa. Saya ingin bermain basket seperti catur. Untuk memprediksi setiap gerakan lawan dan mendapatkan jawaban yang tepat,” kata Wemby.

Pada laga eksebisi melawan Ignite 4 Oktober lalu, Wemby mencetak 37 poin dengan 7/11 tripoin, 4 rebound, dan 5 blok. Pada gim kedua Wemby mengemas 36 poin, 11 rebound, 4 blok, dan 4 steal.

Pujian berdatangan. LeBron James menyebutnya sebagai alien. Stephen Curry menggambarkan Wemby sebagai “2K create-a-player”. Hal ini semakin menguatkan potensi Wemby di NBA Draft 2023 mendatang.

Saat ini Wemby memainkan musim terakhirnya di Eropa dengan Metropolitan 92 di LNB Pro A (Prancis). Wemby mengatakan bahwa tujuan terdekatnya adalah menjadi pilihan pertama pada NBA Draft pada Juni 2023 mendatang. “Saya tidak berharap lebih atau kurang karena saya tahu saya mengejar hal itu,” imbunnya. (rag)

Foto: Forbes

Komentar