IBL

Kedatangan Victor Wembanyama di NBA tahun depan sangat ditunggu. Bahkan untuk mendapatkan remaja fenomenal Prancis itu, beberapa tim diduga melakukan tanking. Tanking merupakan istilah bagi tim-tim yang sengaja sering kalah agar mendapat urutan tertinggi undian NBA Draft berikutnya.

NBA musim ini terasa berbeda karena hal tersebut. Tetapi hal itu juga membuat Wemby merasa risih. Dalam wawancara dengan Le Parisien, Wemby terang-terangan mencela hal tersebut.

“Tanking? Ini strategi yang aneh. Saya merasa itu tidak masuk akal dan saya berusaha untuk tidak memikirkannya. Saya juga mendengar NBA mempertimbangkan mengubah beberapa peraturan untuk saya. Tetapi itu bukan urusan saya,” ujar Wemby.

Bakat Wemby mencuri perhatian saat tampil di laga eksebisi antara Metropolitans 92 dan G-League Ignite pada Oktober lalu. Pada gim pertama Wemby mencetak 37 poin, empat rebound, dan lima blok. Lalu pada gim kedua ia mengemas 36 poin, 11 rebound, empat asis, dan empat blok.

Banyak bintang-bintang NBA memuji Wemby. Bahkan NBA secara rutin memberitakan dan menyiarkan hampir tiap gim Wemby di Prancis. Pemain berusia 19 tahun itu baru saja terpilih menjadi MVP All-Star Liga Prancis. Ia memiliki rata-rata 22,9 poin, 9,6 rebound, dan 3,0 blok per gim di Liga Prancis musim ini.

Wemby diprediksi menjadi pilihan pertama NBA Draft 2023 bersaing dengan Scott Henderson dan Amen Thompson. Dengan postur 219 cm, Wemby memiliki keterampilan dan tembakan yang membuatnya menjadi prospek yang paling diinginkan.

NBA Draft 2023 akan berlangsung pada 22 Juni mendatang. Tetapi “persaingan” untuk mendapatkan draft pick dimulai dalam waktu dekat ini. Menjelang pergantian tahun, peringkat tim terburuk ditempati oleh Detroit Pistons (9-28), Charlotte Hornets (10-26), Houston Rockets (10-25), dan San Antonio Spurs (12-23).

Tetapi musim masih panjang. Peluang tim-tim tersebut masih bisa berubah. Biasanya fenomena ini terlihat sekitar Maret-Apri, ketika tim mulai “mengincar” dasar klasemen. Mereka menukar pemain bagus, mengistirahatkan pemain veteran, atau banyaknya laporan pemain cedera. Ini dilakukan demi mendapatkan calon bintang muda dengan bakat terbaik.

NBA sendiri memperingatkan tim-tim peserta. Mereka akan memberikan hukuman berat jika tim yang terbukti melakukan tanking. Beberapa regulasi sempat diubah. Sejak 2019 NBA mengubah sistem undian dengan tiga tiga tim terburuk memiliki peluang 14 persen (sebelumnya 25 persen) untuk mendapatkan pilihan pertama. (rag)

Foto: Le Parisien

Komentar