IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta tundukkan Prawira Harum Bandung 71-57 di semifinal IBL Indonesia Cup 2022, Sabtu (12/11). Tertinggal (18-8) di tujuh menit pertama gim justru membuat Pelita Jaya lebih buas di sisa laga.

Pertahanan Pelita Jaya yang lebih agresif membuat Prawira membuat banyak kesalahan sendiri. Total ada 18 turnover yang Prawira buat hari ini dan 8 di antaranya datang pada kuarter ketiga. 

"Ini pertandingan semifinal, kami sudah memprediksi gim akan berjalan ketat," terang Kepala Pelatih Pelita Jaya, Djordje Jovicic. "Mereka (Prawira) punya spacing yang bagus dan gemar mengeksploitasi lawan secara satu lawan satu. Hal itu yang coba kami hentikan sepanjang laga," imbuhnya. 

"Selain itu, kami memang coba agresif untuk rebound dan kami menang. Yesaya memang bermain apik tapi kredit selayaknya kami berikan kepada Abiyyu Ramadhan yang bermain solid mengisi posisi Vincent setelah foul trouble," tutupnya. 

Yesaya Saudale memimpin Pelita Jaya. Meski memulai laga dari bangku cadangan, Yesaya tampil produktif dengan 23 poin dan 5 rebound. Yesaya memasukkan 9/12 tembakan (75 persen), termasuk 5/6 tripoin (83 persen). 

Andakara Prastawa juga masih menjaga konsistensinya dengan tambahan 14 poin, 5 rebound, dan 5 asis. 

"Saya memang lagi enak nembaknya, tapi kemenangan dan performa ini saya persembahkan untuk Feli (Felichia Huang)," tutur Yesaya. "Saya memang tidak kenal yang akrab banget, tapi saya cukup tahu dia bagaimana secara personal dan pebasket. Semoga Feli Rest In Peace."

Top skor untuk Prawira adalah Abraham Grahita dengan 17 poin plus 7 rebound. Yudha Saputera dan Pandu Wiguna masing-masing mencetak 13 dan 10 poin.

"Saya cukup kesal kita tidak menang, tapi melihat persiapan yang kita punya, ini juga bukan hal yang mudah," buka David Singleton, Kepala Pelatih Prawira. "Pelita Jaya benar-benar mengalahkan kami hari ini. Kami akan melakukan banyak evaluasi untuk jadi lebih baik ke depannya."

 Hasil ini membuat Pelita Jaya Bakrie Jakarta akan lolos ke final dan menunggu pemenang semifinal kedua antara Satria Muda Pertamina Jakarta melawan Dewa United Surabaya. (DRMK)

Foto: Hariyanto 

 

Komentar