IBL

Jayson Tatum bermain dengan menit lebih banyak dari pemain mana pun di NBA pada musim lalu. Tidak bisa dipungkiri ia cukup kelelahan saat tampil di final melawan Golden State Warriors. Akurasi tembakannya juga hanya 36,7 persen dan ia melakukan 23 turnover. Boston Celtics pun akhirnya takluk di gim keenam.

Tatum belajar banyak dari pengalaman tersebut. Ia mencoba meningkatkan kebugaran dan daya tahannya dengan memperbaiki pola makan. Dalam sesi wawancara In Depth dengan Graham Bensinger itu, Tatum mengatakan keputusan itu bukan hal yang sulit.

“Saya berbicara dengan pelatih saya bahwa saya ingin pola makan yang lebih baik. Saya tidak pernah berdiet sebelumnya. Saya selalu makan apa yang saya inginkan. Tetapi saya mencoba untuk memperbaiki diri,” kata pemain berusia 23 tahun itu.

“Saya makan lebih konsisten, makan dengan lebih baik, menurunkan lemak tubuh, dan mencoba untuk meningkatkan otot. Saya juga menghadirkan koki dan memintanya menyiapkan makan tiga kali sehari,” imbuh Tatum.

Selain itu Tatum juga tidak lagi mengkonsumsi makanan yang digoreng. Ia tidak menyangka penyesuaian ini ternyata lebih menantang dari yang sebelumnya ia pikirkan soal diet.

Musim lalu Tatum bermain total selama 3714 menit di musim reguler dan playoff. Ia tampak cukup kelelahan di akhir musim. Tetapi Tatum tidak mencari-cari alasan usai kekalahan Celtics di gim kelima final NBA 2021-2022 itu.

“Ini hanya masalah mental. Anda hanya harus berjuang untuk melalui itu. Saya bukan satu-satunya orang yang kelelahan, sedang cedera, atau apapun itu. Ada dua tim yang sedang berebut gelar,” kata Tatum pada saat itu.

Hingga pada akhirnya Tatum menyadari bahwa memang harus ada yang ia perbaiki menjelang musim baru. Dalam sebuah wawancara dengan Sports Illustrated awal musim ini, Tatum mengakui bahwa ia memang merasakan kelelahan itu.

“Saya kelelahan. Saya tidak merasa ingin berbicara dengan siapa pun. Tidak ingin diganggu. Sulit untuk menjelaskan jika Anda belum pernah berada dalam situasi itu. Tapi kehilangan gelar juara adalah hal yang menyedihkan,” pemain dengan tiga kali All-Star itu.

Sejauh ini berkat kerja kerasnya untuk diet itu, Tatum tampil menjanjikan. Dalam empat gim Celtics mengemas tiga kemenangan. Tatum rata-rata meraih 32,5 poin dan menjadi tertinggi dalam keriernya, 8,3 rebound, 3,5 asis dengan akurasi 55,6 persen. (rag)

Foto: NBA

Komentar