IBL

Luka Doncic mencetak 41 poin saat Dallas Mavericks menang 129-125 atas Brooklyn Nets, melalui overtime, di Barclays Center, Kamis malam, 27 Oktober 2022, waktu Amerika Serikat. Doncic juga menambahkan 14 asis dan 11 rebound, untuk mencatatkan tripel dobel. Dia menjadi pemain ke-10 di NBA yang mampu mencetak rekor tripel dobel dengan jumlah poin 40 atau lebih. 

Sejak awal musim, para pemain NBA sepertinya menemukan lumbung poin baru bernama Brooklyn Nets. Sebelum Doncic, Ja Morant dan Memphis Grizzlies mencetak 38 poin saat bertemu dengan Nets. Giannis Antetokounmpo menyelesaikan pertandingan Milwaukee Bucks dan Nets dengan catatan 43 poin. Padahal mereka tahu kalau Nets juga punya Kevin Durant dan Kyrie Irving. Namun bisa jadi data ini menunjukkan kalau pertahanan Nets kurang bagus. 

Nets, yang kini memiliki rekor 1-4, kembali terlalu mengandalkan Kevin Durant (37 poin) dan Kyrie Irving (39 poin). Kemampuan ofensif mereka beruda belum memberikan efek positif yang nyata pada rekan-rekan mereka. Keberadaan Ben Simmons yang diharapkan bisa menambah kuat pertahanan juga belum terlihat. Dia juga belum punya kontribusi maksimal. Saat melawan Mavericks, Simmons hanya mencetak 7 poin, 8 rebound, dan 4 asis. 

Pada laga melawan Nets, saat memasuki babak tambahan waktu. Doncic seperti menyihir pemain Nets untuk diam menyaksikan aksi-aksinya memberikan asis kepada rekan-rekannya. Dia tidak egois dengan memberikan kesempatan kepada Tim Hardaway, Maxi Kleber, atau Reggie Bullock untuk mencetak poin. Meski terlalu cepat untuk diputuskan, namun Luka Doncic sudah layak masuk nominasi peraih gelar Most Valuable Player (MVP) musim ini. Syaratnya dia harus konsisten sepanjang musim, dan tidak mengalami cedera. 

Mavericks sekarang mencetak rekor pertandingan 2-2. Dua hari lagi, Mavericks akan menjamu Oklahoma City Thunder di American Airlines Center. (*)

Foto: Raleigh News & Observer

Komentar