IBL

Nike sebagai produsen perlengkapan olahraga, sudah bertahun-tahun menguasai NBA. Meski dominasi Nike sulit digoyahkan, namun mereka tidak mau terlena. Nike terus menancapkan cengkeramannya di NBA. Mereka baru saja merekrut 14 duta dari pemain debutan.

Nike memberikan kontrak kerjasama dengan 14 pemain pemula yang terpilih dalam NBA Draft 2022, untuk kesepakatan sneaker, pada 21 Oktober 2022. Menurut Nick DePaula dari ESPN, durasi kontrak mereka bervariasi. Semuanya berdasarkan pandangan Nike tentang masa depan para pemain. 

Berikut daftar duta baru Nike di NBA:

Nike melalui anak perusahaannya, Jordan Brand, juga mendapatkan tanda tangan dari pemain Draft NBA urutan pertama tahun 2022, yaitu Paolo Banchero. Pemain Orlando Magic tersebut sudah memakai Air Jordan Zion 2 dalam pertandingan di awal musim ini. 

Dari data yang disajikan oleh Baller Shoes DB, dari semua pemain NBA yang aktif, ada 67,1 persen yang memakai sepatu Nike. Jordan Brand ada 9 persen. Sehingga secara keseluruhan Nike menguasai NBA dengan total atlet sebanyak 76,1 persen. Di peringkat berikutnya ada adidas yang menguasai 9 persen, disusul Puma dengan 4,1 persen, dan Under Armour di urutan kelima dengan 3,2 persen. 

Di NBA saat ini, selain merek-merek di atas, ada beberapa merek sepatu yang dipakai pemain. Merek tersebut adalah Converse, New Balance, Li-Ning, Anta, 361, K8IROS, Reebok, Qiaodan, dan Peak. Sementara itu, lima sepatu terpopuler pilihan pemain NBA menurut Kickstats adalah Nike Kobe 6, Nike PG 6, Nike PG 5, Nike Air Zoom G.T. Cut, dan adidas Dame 8. (*)

Foto: Pehal News

Komentar