IBL

Seri pengenalan pertama Southeast Asia Women Basketball League (SWBL) akan dimulai besok (10/10) di Korat, Thailand. Dalam seri di Thailand itu akan berlangsung tiga hari. Timnas putri Indonesia sendiri sudah bertolak ke Thailand kemarin (8/10).

SWBL sendiri merupakan kompetisi antar tim di Asia Tenggara. Namun, dalam seri pengenalan tim, peserta masih mengirimkan timnas dari negara masing-masing. Ada tiga tim yang berpartisipasi yaitu Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

Baca juga: Liga Bola Basket Putri Asia Tenggara (SWBL) Dimulai 10 Oktober Mendatang

Asisten pelatih timnas putri July Wong mengaku sudah tidak sabar mengikuti turnamen tersebut. Timnas putri sendiri sudah menjalani pemusatan latihan di GOR Kertajaya, Surabaya sejak 12 September lalu. Pemusatan latihan tersebut merupakan program untuk menghadapi SEA Games 2023.

“Selama ini latihan fokus pada peningkatan chemistry dan sistem offense dan defense. SWBL sangat penting karena semakin banyak kami uji coba, pasti akan meningkatkan kepercayaan diri para pemain dan menambah pengalaman,” kata July dalam keterangan resminya itu.

Menurut July SWBL ini bisa menjadi ajang para pemain untuk mengenal karakter permainan dari negara lain. Jika hanya melakukan uji coba dengan sesama pemain dari dalam tim, mereka sudah tahu kebiasaan, kekurangan, dan kelebihan masing-masing.

Ini menjadi hal yang baik sebagai persiapan timnas putri menuju SEA Games 2023 yang akan berlangsung di Kamboja tahun depan. “Tapi kalau mereka uji coba dengan tim lain, mereka harus bisa cepat adaptasi dan belajar cara defense ataupun offense untuk menghadapi lawannya,” lanjut July.

Dalam laga pertama besok, timnas putri yang menggunakan nama Indonesia Elite itu akan melawan Thailand Sniper. Lalu pada lusa (11/10), Indonesia Elite menghadapi Harimau Malaysia. Setelah itu (12/10) Thailand akan bertemu Malaysia. Semua pertandingan disiarkan langsung melalui channel Youtube Court Divas pada pukul 16.00 WIB. (rag)

Roster Timnas Putri untuk SWBL:

Dyah Lestari
Agustin Elya Gradita Retong
Visca Dewi Syamsuri
Kadek Pratita Citta Dewi
Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma
Adelaide Callista Wongsohardjo
Yuni Anggraeni
Nathania Claresta Orville
Mega Nanda Perdana Putri
Henny Sutjiono
Clarita Antonio
Angelica Jennifer Candra

Foto: Yoga Prakasita

Komentar