IBL

PP Perbasi telah mengumumkan 20 pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan (TC) di Nevada, Amerika Serikat. Pada Jumat (7/10) mereka dijadwalkan berangkat ke Negeri Paman Sam itu. Mereka akan berlatih di AS hingga 11 November mendatang.

Ini merupakan rangkaian persiapan tim nasional (timnas) Indonesia menuju SEA Games 2023. Mereka telah menjalani pemusatan latihan tahap pertama sejak 12 September lalu di GBK Arena, Jakarta.

Total ada 75 pemain yang mengikuti pemusatan latihan tahap pertama. Mereka dipanggil dalam tiga gelombang, Yang pertama PP Perbasi memanggil 20 pemain pada awal September lalu.

Kemudian gelombang kedua pada 19 September diundang 13 pemain potensial hasil seleksi nasional Indonesia Patriots dari 10 provinsi. Lalu gelombang ketiga ada 42 nama dari hasil seleksi nasional.

Dari 20 pemain yang berangkat ke AS ini, 15 diantaranya merupakan pemain dari pemanggilan gelombang pertama. Setelah itu lima tambahan pemain merupakan pemain dari hasil seleknas dari 10 provinsi.

Daftar 20 pemain tersebut belum tentu mengisi skuad Indonesia untuk SEA Games 2023 mendatang. Sebab, dalam pemusatan latihan fase pertama ini Perbasi memanggil para pemain muda.

Mereka difokuskan untuk menguatkan kemampuan individu dan kerja sama tim. Diharapkan mereka bisa mengejar level kemampuan pemain senior jika nanti mengisi roster SEA Games 2023. Pemusatan  latihan kali ini akan dikonsentrasikan di Impact Basketball.

“Kami berharap di Amerika Serikat kami menjadi lebih bagus dan berkompetisi dengan pemain basket yang di Impact, bukan hanya yang ada di timnas. Jadi, saat di sini (kembali ke Indonesia) kami bisa lebih bagus dari sebelumnya. Mudah-mudahan target SEA Games tercapai,” ujar Ali Bagir dalam keterangan resminya. (rag)

Daftar 20 Pemain yang ke Amerika Serikat:

1. Yudha Saputera
2. Widyanta Putra Teja
3. Ali Bagir Al Haddar
4. Hendrick Xavi Yonga
5. Yesaya Saudale
6. Muhammad Arighi
7. Antoni Erga
8. Karl Patrick Gloria
9. Ida Bagus Ananta Wisnu Putra
10. Elgi Wimbardi*
11. Justin Jaya Wiyanto*
12. Erick Ibrahim*
13. Andrew Lensun
14. Julian Chalias
15. Dame Diagne
16. Serigne Modou Kane
17. Fernando Manansang
18. Daniel Salamena
19. Mohammed Aymane Garudi Arip*
20. Rafael Pasha*

*pemain hasil seleknas

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar