IBL

NBA musim reguler 2022-2023 akan dimulai pada 18 Oktober 2022, waktu Amerika Serikat. Pertandingan pertama menyuguhkan pertemuan antara Golden State Warriors menjamu Los Angeles Lakers, di Chase Center, California. Kabarnya tiket pertandingan ini menjadi tiket termahal kedua dalam sejarah NBA.

Pertandingan pembuka musim memang menarik. Karena yang tampil adalah tim juara, yang sekaligus melaksanakan upacara perayaan gelar. Para pemain juga akan mendapatkan cincin juara, dan lalu menaikkan bendera tim di langit-langit arena. Tak heran kalau penggemar memburu tiket pertandingan pembuka musim tersebut. 

Apalagi yang bakal menggelar upacara kemenangan adalah Golden State Warriors. Dipimpin oleh Stephen Curry, Warriors mengalahkan Celtics dalam enam pertandingan Final NBA 2022. Akhirnya mereka berhasil memenangkan gelar keempat dalam delapan musim terakhir. Sekarang, Curry dan rekan-rekannya siap menerima cincin juara, bertepatan dengan laga pembuka musim. 

Foto: New York Times

Faktor pertama yang menjadikan tiket pembuka musim ini mahal adalah Warriors itu sendiri. Mereka kini jadi tim favorit generasi muda, atau penggemar baru NBA. Sementara penggemar setia Warriors sejak dulu, juga ingin menyaksikan upacara perayaan gelar juara keempat klub tersebut. Semua orang rela untuk mengeluarkan biaya mahal agar bisa duduk di bangku terdepan.

Sedangkan faktor keduanya adalah Lakers. Seperti yang kita tahu, rivalitas Warriors dan Lakers pada era 2015 hingga 2019 sangat menarik. Sementara Lakers musim ini masih punya LeBron James, Anthony Davis, dan Russell Westbrook. Para penggemar Lakers juga tak ingin melewatkan pertandingan pertama tersebut. 

Menurut TickPick, harga rata-rata tiket pertandingan Warriors melawan Lakers, di pasaran sudah mencapai AS$897 atau senilai 13,6 juta rupiah. Ini adalah harga rata-rata, dan kemungkinan masih bisa naik lagi. Namun faktanya, harga tiket tersebut menjadi yang tertinggi kedua untuk pertandingan musim reguler NBA sepanjang sejarah perjalanan NBA. Sementara rekor tiket pertandingan termahal di NBA dipegang oleh tiket laga terakhir Kobe Bryant sebelum pensiun pada bulan April 2016. Tiket tersebut dijual dengan harga AS$1.137 atau setara dengan 17,2 juta rupiah. 

Data lain menyebutkan kalau tiket pembuka musim antara Warriors melawan Lakers menduduki peringkat pertama untuk musim reguler 2022-2023. Di peringkat kedua, ada tiket Warriors melawan Grizzles, pada Hari Natal 2022 yang dijual dengan harga AS$553 atau senilai 8,3 juta rupiah. 

Tiket pertandingan Warriors Vs. Lakers untuk pertandingan pertama memang mahal. Menurut laporan Michael Duarte dari NBC Sports, penonton tidak menyadari bahwa harga tiket yang mereka beli ternyata lebih mahal dari cincin juara yang dibagikan kepada pemain. Duarte menulis harga cincin juara NBA, dari mulai pembuatan hingga sampai ke jari pemain-pemain, anggaran maksimalnya senilai AS$311 atau setara dengan 5 juta rupiah. (*)

Foto: San Francisco Chronicle

Komentar