IBL

Drama di tim Brooklyn Nets sudah berakhir, dengan Kevin Durant yang bersedia kembali ke tim ini. Kemudian, Kyrie Irving juga berkomitmen untuk bertahan satu musim lagi. Dan, yang menggembirakan adalah Ben Simmons yang siap diturunkan musim depan. Simmons sudah sembuh dari cedera punggung, setelah naik meja operasi. 

Simmons bermasalah dengan tim Philadelphia 76ers. Tim yang membesarkan namanya, sejak tahun 2016. Kegagalan Simmons membawa Sixers sukses di playoffs, menjadi pemicu keretakan hubungan mereka. Simmons mogok main, hingga mendapatkan pemotongan gaji. Dia pun dikirim ke Brooklyn Nets dengan skema pertukaran pemain. 

Foto: The San Diego Tribune

Namun setelah sampai di Brooklyn, Simmons tidak bermain hingga musim berakhir. Dia menjalani operasi untuk menyembuhkan cedera punggung. Sementara Simmons juga mengalami masalah dengan kesehatan mentalnya, sehingga harus mendapatkan perawatan dari psikolog. Sampai akhirnya, pengamat NBA, Stephen A. Smith memberi informasi bahwa Simmons siap diturunkan di NBA musim 2022-2023. 

"Saya bertemu dan berbicara secara pribadi dengannya (Simmons). Dia memberi tahu saya tentang masalah berat yang dihadapi. Tapi kini sudah selesai. Dia meyakinkan saya bahwa akan bermain lagi di NBA," jelas Smith, saat tampil pada acara The Rich Eisen Show di ESPN

Selain karena cedera, salah satu alasan Simmons ingin pergi dari Sixers adalah sakit hati. Pada tahun 2021, Sixers kalah dari Atlanta Hawks di pertandingan ketujuh putaran pertama Playoff. Simmons sangat pasif, karena ia hanya memasukkan empat tembakan dan melewatkan kesempatan terbuka untuk mencetak poin dengan slam dunk. Setelah pertandingan, kepala pelatih Sixers Doc Rivers ditanya apakah Simmons bisa menjadi garda utama dari tim juara? Rivers menjawab dia tidak yakin. 

Sejak saat itu, Simmons menjauh dari Sixers. Meski Joel Embiid sudah berupaya untuk merayunya. Namun Simmons tetap bersikeras untuk pergi dari tim tersebut. Simmons sekarang punya kesempatan untuk memperbaiki diri. Menarik untuk melihat bagaimana kepala pelatih Nets Steve Nash menggunakan kemampuan Simmons dalam strategi yang dibuatnya. Karena Simmons tidak punya kemampuan untuk melakukan tembakan jarak jauh. (*)

Foto: Klutch Basket

Komentar