IBL

Ben Simmons melakukan debutnya bersama Brooklyn Nets dalam kekalahan di pertandingan pramusim pertamanya, di Barclays Center, Senin malam, 3 Oktober 2022 waktu Amerika Serikat. Simmons dan rekan-rekan dikalahkan mantan timnya, Philadelphia 76ers dengan skor 108-127. Tapi tidak tampak kekecewaan di wajahnya. Justru Simmons bersyukur drama dalam karirnya berakhir, dan kini dia nyaman bersama Nets.  

Drama yang aneh membuat Simmons keluar dari lapangan sepanjang musim 2021-2022. Drama ini juga yang membawanya dari Philadelphia ke Brooklyn. Akhirnya, Simmons kembali bermain setelah 15 bulan. Dia mencetak 6 poin (3 dari 6 tembakan), 4 rebound, 5 asis dalam 19 menit di lapangan. Dengan penampilan ini, maka Simmons sudah sembuh dari masalah kesehatan mental dan cedera punggung. 

"Luar biasa. Saya bersyukur hanya bisa menginjak lantai NBA lagi. Saya bersenang-senang di sana," kata Simmons, setelah pertandingan pertamanya dalam 470 hari. "Saya pikir saya akan gugup, tetapi saya tidak gugup. Saya bersemangat. Bermain di Barclays dengan beberapa pemain hebat, itu adalah kegembiraan."

Foto: New York Post

Menurut catatan Raymond Hicks dari WM Leader, Nets lebih berkarat dari puing-puing Kapal Titanic. Artinya, mereka belum menunjukkan ketajaman tembakan. Nets bahkan sempat tertinggal 20 poin di kuarter kedua. Padahal Sixers bermain tanpa Joel Embiid dan James Harden. Namun salah satu hal positif yang bisa dilihat dari pertandingan kali ini adalah Simmons akhirnya menemukan kembali rasa percaya diri. 

"Setiap kali ada yang kembali, itu akan memakan waktu," kata Kyrie Irving, tentang Simmons. "Dia akan senang bermain dengan kami. Ini adalah pertama yang sangat dinanti. Saya senang itu berjalan dengan baik di dan dia membuat beberapa permainan yang bagus. Tapi jelas, saya tahu Simmons punya cara sendiri untuk menjadi dirinya yang sebenarnya."

Foto: Twitter Brooklyn Nets

Kevin Durant mencetak 13 poin, 4 rebound, 4 asis dalam waktu 18 menit. Sementara Irving menambahkan 9 poin, 4 asis, 4 rebound, 3 steal dalam waktu 18 menit juga. Dalam pertandingan ini, Simmons tampak mudah berkomunikasi dengan dua bintang Nets itu. Artinya, Nets bakal memiliki trio baru seiring Simmons yang makin nyaman berada di tim asuhan Steve Nash tersebut. 

Simmons, yang tidak bermain sejak Sixers tersingkir dari babak playoff oleh Atlanta Hawks pada 20 Juni 2021. Simmons mendapatkan tekanan mental ketika dirinya jadi kambing hitam kegagalan Nets. Sebab dia tidak mencetak poin dari tembakan gratis, dan tidak pernah melakukan tembakan tripoin. Namun, sekarang Simmons jadi pemain yang berharga bagi Nets. Lihat saja ketika Simmons bekerjasama dengan Nic Claxton untuk menghasilkan 15 poin. (*)

Foto: New York Post

Komentar