IBL

Awak media sudah menanti acara Media Day yang diselenggarakan Brooklyn Nets, pada 26 September 2022, waktu Amerika Serikat. Mereka ingin bertanya kepada Kevin Durant soal kontraknya, lalu kondisi Ben Simmons. Dan, yang terakhir, awak media ingin tahu apakah Kyrie Irving membuat ulah lagi. Ternyata Media Day Brooklyn Nets berjalan lancar. Bahkan trio baru ini berjanji akan membawa Nets meraih gelar juara di NBA musim 2022-2023. 

Dalam dua musim terakhir, saat Kevin Durant sembuh, Nets berupaya membangun tim juara. Karena dianggap kurang maksimal, maka mereka menambahkan James Harden. Sayangnya, tiga pemain tersebut gagal membawa Nets meraih gelar juara. Kegagalan demi kegagalan membuat Durant sempat frustasi. Puncaknya pada bulan Juni 2022, Durant mengajukan permintaan untuk pindah klub. Namun drama itu berakhir pada bulan Agustus, saat The Athletic melaporkan bahwa Durant menandatangani kontrak baru setelah pertemuan dengan manajer Sean Marks, pelatih Steve Nash, dan pemilik Nets Joe Tsai. 

Foto: CBS Sports

Selama ini, Durant bungkam soal alasannya meminta pindah klub. Namun dalam acara Media Day, semuanya terungkap. Durant ternyata melihat adanya kekurangan Nets, yaitu tidak adanya target yang jelas dari klub tersebut dan masalah akuntabilitas dalam organisasi. 

"Saya ingin berada di tempat yang stabil, baik secara tim dan keuangan. Saya ingin membangun budaya juara di sini. Tapi selama ini saya ragu, apakah tim ini siap untuk hal tersebut," kata Durant, dikutip dari New York Times.

Secara teknis, Durant menganggap bahwa tim Nets tidak memiliki strategi yang bagus dalam permainan. Dia menyebut kekalahan 11 kali berturut-turut musim lalu sebagai contohnya. Saat itu, Durant cedera dan harus mendapatkan perawatan intensif. Nets seperti kehilangan taring. Mereka harus menelan kekalahan beruntun, sehingga membuat Durant mulai khawatir dengan kondisi timnya. 

"Menang atau kalah, saya bisa menerimanya. Tapi yang saya lihat, mereka saat itu tidak punya semangat untuk menang. Saya pernah berada di tim juara. Saya juga pernah berada di tim yang punya peluang juara. Jadi saya tahu, bagaimana rasanya. Sedangkan musim lalu, saya sama sekali tidak merasakan aura juara itu," tegasnya. 

Foto: Nets Daily

Selain mendengarkan alasan Durant soal masalahnya dengan Nets di jeda kompetisi, awak media juga bertemu dengan Ben Simmons. Dia merapat ke Nets setelah ditukar oleh Philadelphia 76ers dengan James Harden pada bulan Februari 2022. Namun sampai liga berakhir, Simmons tidak kunjung dimainkan. Meski sempat tersiar kabar kalau Simmons bakal turun di playoff. Dia mengaku mengalami cedera punggung dan masalah kesehatan mental. 

"Saya seharusnya bermain di pertandingan keempat melawan Celtics di putaran pertama. Tapi hari itu, saya bangun tidur dan tidak bisa bergerak. Saya hampir tidak bisa berjalan," katanya. 

Simmons menjalani operasi punggung pada bulan Mei 2022. Dia tidak bermain di pertandingan NBA sejak Sixers kalah di semifinal Wilayah Timur tahun 2021. Kini dia sudah bisa berlatih dan bermain seperti biasa. 

"Saya senang bermain dengan orang-orang ini (tim Nets). Saya pikir akan ada kesempatan bagus bagi kami, dan kami punya banyak hal untuk dibuktikan musim depan," jelas Simmons. 

Foto: Yardbarker

Pemain yang paling ditunggu-tunggu awak media adalah Kyrie Irving. Rasanya, dia yang paling bermasalah di tim ini. Namun sepertinya, Irving sudah berubah. Dimulai sejak dirinya memilih kontrak opsi pemain dengan tetap berada di Nets dengan gaji AS$36,5 juta untuk musim 2022-2023. Padahal Irving bisa saja mendapatkan kontrak yang lebih besar ketika pindah dari Nets. 

"Kontrak adalah keputusan saya. Saya sudah merelakan jutaan dolar agar saya tidak divaksinasi. Risiko besar harus saya ambil untuk keputusan ini. Tapi sekarang, saya sudah siap," jelasnya. 

Irving sebenarnya memenuhi syarat untuk menandatangani kontrak senilai AS$245 juta. Tapi kesepakatan tidak terjadi. Ada desas-desus soal syarat atau ultimatum yang diberikan manajemen Nets. Ternyata kabar tersebut tidak benar, manajer Sean Marks sendiri yang menjelaskannya. 

"Tidak ada ultimatum yang diberikan. Itu kembali ke keinginan pemain. Saya tidak memberi pemain ultimatum, apalagi soal vaksin. Saya mendukung Kyrie Irving. Tapi dia berhak untuk memilih soal masa depannya," ungkap Marks. 

Nets akan tampil di NBA 2022-2023 dengan trio Kevin Durant, Ben Simmons, dan Kyrie Irving. Semua berharap ketiganya tetap sehat, dan tidak terjadi masalah di tengah jalan. Karena mereka bertiga sama-sama punya keinginan untuk membawa Nets juara. (*)

Foto: Sportskeeda

Komentar