IBL

Las Vegas Aces menunjukkan bahwa mereka memiliki starting five yang meyakinkan musim ini. Setelah meraih pelatih terbaik melalui Becky Hammon, dua pemain dari klub tersebut menyabet penghargaan individu yang lain. A’ja Wilson menjadi Defensive Player of the Year (DPOY). Lalu garda Jackie Young menjadi Most Improved Player (MIP) of the Year.

Wilson memasuki musim kelimanya di WNBA. Pemain berusia 26 tahun itu juga menjadi pemain Aces pertama yang memenangkan penghargaan tersebut. Dia memenangkan DPOY dengan meraih 20 dari 56 suara dari panel media nasional pada Senin (30/8) waktu setempat.

Wilson mengalahkan kandidat lain yaitu Alyssa Thomas (Connecticut Sun) dengan 14 suara, Breanna Stewart (Seattle Storm) dengan 13 suara, Sylvia Fowles (Minnesota Lynx) dengan empat suara. Lalu berikutnya ada Natasha Cloud, (Washington Mystics), Jonquel Jones (Connecticut Sun), dan Allisha Gray (Dallas Wings).

Debut Wilson memang langsung menggemparkan. Dia terpilih sebagai pilihan pertama WNBA Draft 2018. Wilson juga membuktikan bahwa dia memiliki talenta yang cemerlang.

Wilson pun terpilih sebagai Rookie of the Year 2018. Tidak hanya itu, Wilson juga empat tahun beruntun masuk dalam WNBA All-Star. Dia juga menjadi Most Valuable Player (MVP) pada WNBA 2020 lalu.

Dia memimpin liga dengan rata-rata 1,9 blok per gim. Wilson berada diurutan kedua dalam rebound dengan rata-rata 9,4 rebound per gim dan urutan ke-12 dalam steal dengan rata-rata 1,4 steal per gim. Pemain lulusan University of South Carolina itu juga menjadi pemain dengan dobel-dobel terbanyak yaitu 17 kali.

Gelar individu ketiga Aces diraih oleh Jackie Young. Dia meraih 32 dari 56 suara. Unggul dari Sabrina Ionescu (New York Liberty) dengan 10 suara, Sophie Cunningham (Phoenix Mercury) dengan tujuh suara, dan Kelsey Plum (Las Vegas Aces) dengan empat suara.

Ini menjadi musim keempat bagi Young. Dia merupakan pilihan pertama WNBA Draft 2019 dari University of Notre Dame. Penghargaan ini merupakan bukti peningkatan besar Young dari musim sebelumnya.

Pada musim reguler ini Young rata-rata mencetak rekor tertinggi dalam kariernya. Dia mencatat rata-rata 15,9 poin, 4,4 rebound, dan 1,4 steal. Hasil itu meningkat dari tahun lalu. Pada musim reguler 2021 Young mencatat rata-rata 12,2 poin, 4,1 rebound, dan 1,1 steal.

Aces sendiri lolos ke playoff sebagai unggulan pertama. Mereka mengalahkan Phoenix Mercury 2-0. Pada gim pertama semifinal lalu (28/8), Aces kalah 73-76 dari Seattle Storm. Gim kedua akan berlangsung pada Kamis (31/8) atau Jumat WIB. (rag)

Foto: WNBA

Komentar