IBL

Tidak diragukan lagi Becky Hammon menjadi pelatih terbaik WNBA musim ini. Dia membawa Las Vegas Aces menjadi unggulan pertama di WNBA 2022 dan melenggang ke semifinal. Ini juga menjadi musim pertama Becky menjadi pelatih kepala, termasuk musim pertamanya sebagai pelatih di WNBA.

Becky terpilih sebagai Coach of the Year (COTY) pada Jumat (26/8) waktu setempat. Raihan ini membuat Becky menjadi mantan pemain WNBA pertama yang memenangkan gelar tersebut dalam debutnya sebagai pelatih kepala.

Becky menjadi pelatih ketujuh WNBA yang menjadi pelatih terbaik pada musim pertamanya. Becky juga membawa Aces memenangkan Commissioner’s Cup 2022. Mereka mengalahkan Chicago Sky. Ini menjadi gelar pertama Becky untuk Aces.

Mantan asisten pelatih San Antonio Spurs itu meraih 26 dari 56 suara dari panel media. Dia mengalahkan kandidat lainnya yaitu Tanisha Wright (Atlanta Dream) yang meraih 18 suara, James Wade (Chicago Sky) yang meraih delapan suara, serta Vickie Johnson (Dallas Wings), Vanessa Nygaard (Phoenix Mercury), dan Mike Thibault (Washington Mystics), yang masing-masing mendapat satu suara.

Musim ini Becky membawa Aces meraih rekor 26-10 di musim reguler. Mereka memiliki persentase kemenangan 0,722. Ini menjadi raihan kedua tertinggi sebagai pelatih debutan

Pada babak playoff lalu, Aces mengalahkan Mercury 2-0. Lalu pada semifinal mendatang Aces akan melawan unggulan keempat yaitu Seattle Storm dalam pertandingan best of five.

Sebagai pelatih Aces, Becky memasang starting five yaitu A’ja Wilson, Jackie Young, Chelsea Gray, Kelsey Plum, dan Dearica Hamby. Ini menjadi kombinasi yang efektif dalam liga saat ini. Empat diantara pemain tersebut bahkan masuk dalam WNBA All-Star 2022. Termasuk Wilson yang menjadi kandidat pemain terbaik.

Sebagai pemain Becky menghabiskan 16 musimnya di WNBA. Perempuan berusia 45 tahun itu tercatat membela San Antonio Silver Stars (sekarang menjadi Las Vegas Aces) selama delapan musim pada 2007-2014.

Selama menjadi pemain Becky enam kali masuk WNBA All-Star dan meraih asis terbanyak pada musim 2007 silam. Becky pensiun pada 2014 lalu dan menjadi asisten pelatih Gregg Popovich di Spurs pada 2014-2022. (rag)

Foto: Sky Sports

Komentar