IBL

Sehari menjelang babak playoff, pemenang Indonesian Basketball League (IBL) Awards 2022 telah diumumkan. Penghargaan itu diberikan berdasarkan penilaian penampilan mereka selama musim reguler IBL 2022.

Ada tujuh kategori penghargaan. Kategori-kategori tersebut adalah pemain terbaik (most valuable player), pemain bertahan terbaik (most defensive player), most improved player, sixthman of the year, best foreign player (pemain asing terbaik), dan coach of the year (pelatih terbaik).

Masing-masing kategori terdiri dari lima nominasi dan ada beberapa kriteria penilaian. Proses pemungutan suara IBL Awards melibatkan pelatih kepala seluruh 16 tim dan 10 media.

Baca juga: Kriteria dan Nominasi IBL Awards 2022

 

Most Valuable Player (MVP)

Pemain terbaik IBL 2022 ini jatuh kepada Abraham Damar Grahita. Pada Maret lalu Bram juga menjadi pemain terbaik di IBL All-Stars Game 2022. Bram bergabung dengan Prawira Bandung sejak 2021 lalu.

Dalam pemungutan suara ini Bram mendapat 150 poin. Ia mendapat 12 suara untuk tempat pertama, delapan suara di tempat kedua, satu suara di tempat ketiga, dan dua suara di tempat keempat. Pemain asal Bangka Belitung itu unggul dari pesaingnya yaitu Kaleb Ramot Gemilang, Andakara Prastawa Dhyaksa, Widyanta Putra Teja, dan Arki Dikania Wisnu.

Raihan ini juga menambah penghargaan individu Bram dalam karir profesionalnya. Sebelumnya Bram meraih gelar most improved player (2017) dan sixthman of the year (2019). Bram juga masuk IBL All-Star lima kali.

Pada musim reguler lalu Bram mencetak 14,4 poin, 4,4 rebound, 3,0 asis, dan 1,3 steal per gim. Mengantar Prawira Bandung sebagai unggulan ketiga playoff IBL 2022. Besok Prawira akan melawan Dewa United Surabaya di babak playoff di GOR C-Tra Arena, Bandung.

Rookie of the Year

Yudha Saputera menjadi ruki terbaik musim ini. Ia memperoleh total 202 poin. Kriteria penilaian antara persentase starting five, team possession, dan musim sebelumnya masih belum mendapat menit bermain.

Yudha mendapat 19 suara diurutan pertama. Pemain Prawira Bandung itu mengalahkan M. Arighi Hadran Noor, Agus Salim, Julius Caesar Wongso, dan M. Aulaz Ariezky. Rata-rata Yudha mencetak 10,0 poin, 3,6 rebound, dan 4,5 asis per gim.

Defensive Player of the Year

Penghargaan pemain bertahan terbaik jatuh kepada Ruslan. Pemain NSH Mountain Gold Timika itu bermain penuh di musim reguler. Ia akan kembali tampil di playoff saat NSH melawan West Bandits Combiphar Solo.

Selama musim reguler rata-rata Ruslan bermain dalam 24,8 menit. Ia mencetak 5,6 poin dan 5,4 rebound per gim. Ruslan menyingkirkan empat kandidat lain yaitu Vincent Rivaldi Kosasih, Abraham Damar Grahita, Fisyaiful Amir, dan M. Sandy Ibrahim Aziz.

Ada sembilan suara yang membawanya diurutan pertama, tujuh suara diurutan kedua, empat suara diurutan ketiga. Kriteria penilaian antara lain statistik, team net rating+, dan individual offensive rating.

Most Improved Player

Gelar individu kedua NSH diraih oleh Hengki Infandi sebagai most improved player (MIP). Hengki mengungguli kandidat lain yaitu Calvin Chrissler, Danny Ray, Rio Disi, dan Gregorio Claudie Wibowo.

Capan Hengki memang meningkat. Pada IBL 2021 dia bermain 14 gim dengan rata-rata 14,3 menit. Dia memberikan kontribusi 3,4 poin, 2,8 rebound, dan 0,7 asis per gim. Lalu musim ini Hengki turun rata-rata 23,5 menit dengan 6,9 poin, 4,1 rebound, dan 12 asis per gim.

Sixthamn of the Year

Persaingan sixthman of the year cukup ketat. Rio Disi terpilih sebagai pemenang kategori tersebut. Dia unggul dari AA Ngurah Wisnu Budidharma Saputra, Andre Rorimpandey, Stevan W. Neno, dan M. Arighi Hadran Noor.

Dalam 22 pertandingan mudim reguler lalu, Rio tampil selama 20 menit per gim. Pemain West Bandits Combiphar Solo itu memberi kontribusi 8,5 poin, 2,0 rebound, dan 1,4 asis per gim. Rio mendapat sembilan suara di tempat pertama.

Best Foreign Player

Shavar Newkirk menjadi satu-satunya pemain asing NSH pada musim reguler lalu karena Mike Glover belum dating. Hal ini membuat Shavar memenangkan kategori pemain asing terbaik IBL 2022.

Dia menjadi tulang punggung NSH dengan turun dalam 21 gim dengan rata-rata 35,1 menit per gim. Shavar mencetak 21,9 poin, 9,0 rebound, 4,8 asis, dan 2,2 steal per gim. Shavar mendapat 15 suara diurutan pertama dengan 198 poin.

Coach of the Year

David Singleton menjadi pelatih terbaik IBL Awards 2022. Ini menjadi gelar individu ketiga bagi Prawira Bandung. Hasil ini juga menjadi gelar back to back Singleton. Sebelumnya dia menjadi pelatih terbaik saat membela Bima Perkasa musim lalu. Saat itu Singleton membawa Bima Perkasa ke playoff dengan rekor 9-7.

Lalu Singleton mengantar Prawira sebagai unggulan ketiga IBL 2022. Pada musim ini ia mempertahankan tren bagus dengan rekor 18-4. Ada tujuh suara yang memilih Singleton diurutan pertama. Kandidat lain adalah Fictor G. Roring dan Youbel Sondakh. (rag)

Foto: Hariyanto, Ariya Kurniawan

Komentar