IBL

James Harden dan Philadelphia 76ers mengumumkan kesepakatan baru. Dalam pernyataan resminya pada Rabu, 28 Juli waktu setempat (Kamis WIB), mereka hanya menyebutkan soal durasi dan jumlah kontrak baru. Tetapi tidak menyebutkan tentang apa saja persyaratan yang dilakukan.

Kontrak baru Harden adalah selama dua tahun dengan nilai AS$68,6 juta atau senilai Rp1 triliun. Jumlah itu sekitar AS14,5 juta lebih sedikit dibanding kesepakatan sebelumnya. Selain itu dalam kesepakatan barunya, Harden juga memiliki opsi pemain untuk musim 2023-2024.

“Saya ingin menjadi sesuatu di tempat ini. Di sinilah saya ingin menang, dan saya pikir kami memiliki bagian untuk mencapai tujuan itu,” kata Harden seperti dikutip dari laman ESPN.

“Sejak hari pertama bersama Sixers, tim, dan penggemar membantu saya untuk merasa betah di Philadelphia. Saya bersemangat untuk bangkit dari musim lalu dan tidak sabar untuk keluar di lapangan dengan orang-orang untuk memulai perjalanan ini,” lanjutnya.

Harden memiliki opsi sebesar AS$47,4 juta untuk musim depan yang ia tolak pada bulan lalu. Pemain terbaik NBA 2018 itu mengatakan bahwa ia ingin memberikan fleksibilitas kepada Sixers untuk meningkatkan daftar mereka dan bersaing di musim depan.

Harden pada dasarnya menyetujui pemotongan gaji sebesar 30 persen untuk musim mendatang ini. Memungkinkan Sixers membuat langkah lain seperti mendatangkan PJ Tucker dan Danuel House awal bulan ini.

Rencana Harden untuk bertahan di Sixers memang sudah terjadi sejak mereka mengakhiri musim lalu. Pemain berusia 32 tahun itu berkomitmen untuk tetap bersama Philadelphia.

Pada Februari lalu, Harden didatangkan dari Brooklyn Nets bersama dengan Paul Millsap. Menggunakan skema pertukaran besar-besar dengan Ben Simmons, Seth Curry, dan Andre Drummond.

Harden rata-rata mencetak 22 poin sepanjang musim 2021-2022 bersama Nets dan Sixers. Ini juga menjadi rata-rata terendahnya sejak musim 2012-2013. Hal itu juga disebabkan karena ia mengalami cedera hamstring.

Sixers mengakhiri musim reguler di peringkat keempat wilayah Timur. Pada babak pertama mereka menekuk Toronto Raptors 4-2. Lalu tumbang dari Miami Heat dengan 2-4. (rag)

Foto: NBA

Komentar