IBL

Adanya agenda tim nasional (timnas) Indonesia membuat playoff IBL 2022 mundur. Setelah menyelesaikan musim reguler pada Maret lalu, babak playoff akan berlangsung pada 13-30 Agustus mendatang.

GOR C-Tra Arena, Bandung dipilih sebagai venue. Bandung sendiri sempat menjadi tuan rumah seri kedua IBL 2022. Tetapi kasus Covid-19 meningkat membuat penyelenggara sempat menghentikan kompetisi. Lalu kompetisi kembali berlangsung dengan sistem gelembung di Jakarta.

Pada periode Mei ada SEA Games 2022. Playoff IBL harus “mengalah” karena juga ada FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta pada 12-24 Juli mendatang.

Dalam keterangan resminya, IBL menyebut bahwa ada penilaian di lima kota. Kemudian mengerucut menjadi dua kota yakni Bandung dan Solo. Meski sudah dipilih sebagai venue playoff, IBL juga menyiapkan venue cadangan.

“Fasilitas lapangan dan gedung C-Tra Arena dianggap memadai. Tentunya pula fasilitas penunjang seperti akomodasi serta fasilitas medis yang dinilai representatif untuk menggelar babak-babak penentuan,” tulis IBL dalam keterangan resminya.

Babak playoff IBL 2022 ini meloloskan delapan tim. Mereka adalah Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Satria Muda Pertamina Jakarta, Prawira Bandung, NSH Mountain Gold Timika, West Bandits Combiphar Solo, Dewa United Surabaya, Amartha Hangtuah Jakarta, dan RANS PIK Basketball.

Playoff babak pertama berlangsung pada 13-16 Agustus 2022. Lalu playoff babak kedua pada 20-30 Agustus 2022. Babak final dijadwalkan pada 27-30 Agustus 2022. Format babak playoff sampai final adalah best of three dimana setiap tim harus meraih dua kemenangan.

IBL menyebutkan bahwa babak playoff bisa dihadiri oleh penonton. “Dengan sistem tiket pertandingan yang telah diterapkan seperti sebelumnya yakni single game ticket diyakini setiap gim akan seru dan dipenuhi penonton tidak hanya dari Bandung,” ujar Dirut IBL Junas Miradiarsyah. (rag)

Foto: Hariyanto

Komentar