IBL

John Wall dan Houston Rockets akhirnya menemukan jalan terbaik. Dilaporkan ESPN, kedua belah pihak sepakat untuk memutus kontrak (buyout). Dengan ini, Rockets harus membayar sisa kontrak Wall senilai AS$47,4 juta. Wall pun memberikan potongan sebesar AS$6,5 juta hingga Rockets akhirnya total membayar AS$40,9 juta. 

Menyusul kemudian, Wall dikabarkan siap melanjutkan kariernya dengan merapat ke Los Angeles Clippers. Tentunya, ia baru akan resmi merapat ke Clippers setelah proses buyout selesai secara prosedur yang biasanya memakan waktu maksimal satu pekan. 

Untuk Rockets, meski harus merugi AS$40 juta lebih, langkah ini adalah yang terbaik yang bisa mereka lakukan mengingat Wall bisa dibilang tak memiliki pasar untuk pertukaran. Rockets dan Wall sendiri sebenarnya sudah berusaha mencari hal tersebut musim lalu. Namun, sampai musim berakhir, Rockets tak kunjung menemukan tim lain dan Wall sama sekali tak bermain. 

Per musim lalu (2021—2022), Rockets sudah fokus untuk melakukan pembangunan ulang skuad (rebuild). Oleh karena itu, mereka memberikan kesempatan sebesar-besarnya untuk para pemain muda seperti Kevin Porter Jr., Jalen Green, hingga Alperen Sengun. 

Di sisi sebaliknya, kesepakatan ini membuat Wall bisa bersaing lagi di NBA. Wall akan bergabung dengan Clippers yang musim depan sudah akan diperkuat Kawhi Leonard lagi. Keberadaan Wall akan menambah dalam skuad Clippers tanpa biaya yang berlebihan. 

Adapun nada minor di balik semua kejadian ini adalah fakta perjalanan Wall empat musim terakhir. Empat musim lalu, Wall sepakat atas perpanjangan kontrak senilai AS$171 juta. Kontrak ini diberikan saat ia masih berseragam Washington Wizards. 

Sayangnya, kontrak empat musim ini akhirnya hanya berujung sebagai kontrak 40 hari. Ya, Wall total hanya bermain 40 kali dalam tiga musim terakhir. Seluruh gim itu terjadi saat ia membela Rockets di musim 2020—2021. Wall menepi lama karena cedera Achilles. Dengan ia dan Rockets sepakat buyout, maka Wall total mendapatkan bayaran AS$164,9 juta untuk bermain 40 gim atau setara AS$4,1 juta per gim. 

Sepanjang kariernya (613 gim reguler), Wall total mengemas rataan 19,1 poin, 4,3 rebound, dan 9,1 asis per gim. Di musim 2020—2021 bersama Rockets, Wall pun sebenarnya memiliki catatan apik. Ia menorehkan rataan 20,6 poin, 3,2 rebound, dan 6,9 asis per gim. Ini juga jadi musim paling efektif Wall dengan eFG% di angka 49 persen. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar