IBL

Laga sengit terjadi di pertandingan Timnas U16 Putri melawan Suriah. Sempat mendominasi di tiga kuarter, Indonesia harus menelan kekalahan ketiga mereka di FIBA U16 Women’s Asian Championship, Minggu 26 Juni 2022.

Itu didapat usai Suriah berhasil membalikkan keadaan di detik terakhir dan menundukkan Tim Merah Putih dengan selisih skor akhir tipis, 75-74. Suzan Backour membuka kans Suriah untuk memangkas margin poin kedua tim. Skor seimbang (66-66) di paruh kuarter empat.

Kala Indonesia berlari melebarkan jarak skor keduanya, tripoin Laila Hasan kembali membuka kesempatan bagi Suriah. Skor keduanya hanya berjarak satu bola di satu menit akhir kuarter pamungkas.

Bersambut satu tembakan gratis dari Julie Khreim dan disusul dua poin oleh Simel Alahmar dari hasil offensive reboundnya, Suriah berhasil menambah tiga poin di detik-detik terakhir tutup laga. Tiga poin itu memaksa Indonesia harus tunduk atas Suriah.

Dua pemain Suriah jadi mesin pendulang poin di gim ini. Simel Alahmar mencetak dobel-dobel dengan 23 poin dan 12 rebound. Kemudian Aya Almohammad dengan 21 poin dan 8 rebound.

Dari Indonesia, Vanissa Renata kembali menjadi tulang punggung tim. Ia melesatkan 20 poin dan 2 rebound. Bermain selama 25 menit, Vanissa mengeksekusi 5/9 tembakan dua poin (55,6 persen).

Disusul Erinindita Prias dan Syarafina Ayasha yang sama-sama mencatat 12 poin. Erin melakukan 5/13 tembakan secara keseluruhan (38,5 persen). Sementara Syarafina melakukan 4/9 tembakan (44,4 persen).

Maxine Maria melengkapi daftar dengan capaiannya yang mengonversi 4/9 tembakan menjadi poin. Maxine menorehkan 10 poin dan 7 rebound. Akurasi tembakannya mencapai 44,4 persen secara keseluruhan. (*)

Foto: FIBA

Komentar