IBL

Gim kedua Timnas U16 Putri kontra Samoa, Sabtu 25 Juni 2022, di FIBA U16 Women’s Asian Championship berlangsung ketat. Di awal kuarter, kedua tim sama-sama menunjukkan permainan solid. Meski akhirnya Samoa berhasil unggul atas Indonesia 57-48 dan menutup laga dengan kemenangan.

Tampil impresif sepanjang kuarter pertama, Tim Merah Putih sempat tertinggal 9 poin saat kuarter kedua ditutup. Memasuki kuarter ketiga, Indonesia kembali bangkit dan memangkas margin poin dengan menceploskan 10 angka.

Dua tim sama kuat di kuarter pamungkas. Indonesia yang masih tertinggal 16 poin saat kuarter tiga berakhir berhasil mengejar ketertinggalan. Vanissa Renata dkk berhasil melesatkan 11 poin berbalas 2 hingga paruh kuarter empat.

Namun, usai timeout diambil oleh Samoa, mereka kembali mendominasi di sisa menit akhir kuarter empat. Satu poin dari tembakan gratis plus dua poin yang dilesatkan Peata Manumaleuga kembali melebarkan jarak poin.

Disusul oleh Kira-May Filemu yang juga berhasil mengeksekusi dua tembakan gratis. Samoa menutup gim ini dengan keunggulan 9 poin. Bermain selama 36 menit, pemain dengan jersey nomor 1 itu memang menjadi mesin poin bagi Samoa.

Kira-May mencetak dobel-dobel dengan catatan 24 poin dan 14 rebound. Ia melakukan 7/23 tembakan secara keseluruhan. Disusul oleh Azaleeah Oloapu yang menorehkan 14 poin dan 11 rebound. Azaleeah memasukkan 6/10 tembakan (60 persen).

Adapun Sienna Tutani dengan raihan 8 poin dan 13 rebound. Total 19/63 tembakan berhasil dieksekusi oleh Samoa menjadi poin (30 persen).

Dari sisi Indonesia, Angelica Jennifer nampak kehilangan sentuhannya. Dia yang berhasil mencetak 16 poin di gim sebelumnya, kini hanya menyumbang 6 poin. Meski demikian, Angel menorehkan total 16 rebound dari laga ini.

Sementara itu, Erinindita Prias dan Vanissa Renata masih kuat dengan perolehan dua digit angka. Erin mencatat 13 poin dan 9 rebound. Sedangkan Vanissa mengumpulkan 11 poin saja.

Indonesia masih harus melakoni satu gim lagi, Minggu 26 Juni 2022, melawan Suriah. Sebelum bertanding di babak kualifikasi untuk menentukan kelolosan menuju semifinal. (*)

Foto: FIBA

Komentar