IBL

Piala Wali Kota Surabaya 2022 berakhir Sabtu 11 Juni. Usai menyelesaikan pertandingan antar-SMP pekan lalu, pekan ini kategori SMA juga menemukan juaranya. 

Di nomor putri, final mempertemukan dua tim dari SMA Negeri yakni SMAN 16 dan SMAN 19 Surabaya. Nineteen (julukan SMAN 19) tampil dominan sejak awal gim dan menutup gim dengan kemenangan 36-10.

Nineteen bermain sangat menekan sejak awal gim. Mereka juga memainkan serangan dengan tenang dan coba membongkar pertahanan Sixteen (julukan SMAN 16) dari area kunci. Tidak ada satupun tripoin masuk dari kedua tim di gim ini. 

Sementara itu, di perebutan tempat ketiga, SMA St.Louis 1 Surabaya berhasil menang atas SMAN 9 Surabaya. St.Louis 1 juga menang dengan skor telak, 49-7.


Kepala Dinas Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Surabaya Wiwiek Widayati (kanan) usai memberikan medali untuk juara basket putri kategori SMA.

Baca Juga: SMPN 22 Putra dan NSA Putri Menangi Piala Wali Kota Surabaya 2022

Untuk nomor putra, partai final berlangsung sengit. SMAN 2 Surabaya dan SMAN 16 Surabaya tampil penuh tenaga sepanjang gim. Dukungan penonton yang memenuhi GOR Pancasila juga semakin membuat gim memanas.

Smada (julukan SMAN 2) hanya unggul dua poin (34-32) di sisa 30 detik gim. Sixteen yang mendapatkan kesempatan untuk unggul sayangnya gagal memasukkan tripoin mereka. Perpindahan penguasaan bola membuat Sixteen harus melanggar pemain Smada. Kapten Smada, Andang Ramadhan memasukkan tembakan gratis dengan baik dan Smada menang 35-32. 

SMA Frateran Surabaya menutup Piala Wali Kota Surabaya ini sebagai peringkat tiga. Berhadapan dengan SMAN 20 Surabaya, Frateran menang dengan skor akhir 28-19.

Gelaran turnamen basket Piala Wali Kota Surabaya ini bagian dari rangkaian HUT Kota Surabaya. Turnamen ini sekaligus menjadi penanda bangkitnya kembali olahraga di Surabaya pasca dua tahun pandemi. Terlebih turnamen ini sudah bisa dihadiri penonton.

Selain itu, turnamen ini juga menambah daftar panjang kejuaraan olahraga yang kembali bisa memanfaatkan aset-aset pemerintah Kota Surabaya. Turnamen ini berlangsung di Gelora Pancasila.

Baca Juga: Momen Kebangkitan Olahraga, Bertanding di Tempat Bersejarah

Salah satu sarana olahraga legendaris di Surabaya. Sebelum itu, kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda DBL seri Surabaya juga digelar di tempat ini.(DRMK)

Foto: Disbudporapar Surabaya

Komentar