IBL

Tim nasional putri Indonesia pulang dengan medali perak di SEA Games 2022 Vietnam. Di laga terakhir, Indonesia menang atas Singapura 87-53, Minggu 22 Mei 2022.

Indonesia tampil dominan sepanjang gim dan sempat unggul sampai 41 poin. Kimberley Pierre-Louis jadi top skor dengan dobel-dobel 22 poin dan 10 rebound. Dyah Lestari menambahkan 16 poin dan 9 rebound. Kadek Pratita Citta Dewi 12 poin dan 5 rebound, sedangkan Mega Nanda Perdana Putri melengkapi daftar melalui 10 poin dan 5 asis. 

Kemenangan ini membuat rekor menang-kalah Indonesia menjadi (4-1). Rekor ini sebenarnya sama dengan Filipina yang kalah atas Malaysia di gim sebelumnya. Namun, secara head to head, Filipina berhak mendapatkan medali emas karena berhasil mengalahkan Indonesia.

Ini jadi medali emas kedua secara beruntun dan keseluruhan untuk tim putri Filipina. Bagi Indonesia, ini adalah medali perak ketiga secara keseluruhan dan kedua dalam empat gelaran terakhir.

Ini juga jadi peningkatan bagi Indonesia yang di SEA Games 2019 Filipina mendapatkan medali perunggu. Kala itu, Indonesia mengalahkan Malaysia di perebutan perunggu.

Untuk gelaran kali ini, medali perunggu masih harus ditentukan oleh gim terakhir antara Vietnam melawan Thailand. Jika Vietnam menang, mereka akan mendapatkan medali perunggu, medali pertama di basket putri Vietnam. Jika kalah, maka perunggu akan jatuh ke tangan Malaysia.

Thailand adalah negara yang cukup menurun prestasinya ketimbang SEA Games 2019. Mereka kala itu mendapatkan medali perak, hanya kalah dari tuan rumah, Filipina. (DRMK)

Foto: Yoga Prakasita 

Komentar