IBL

Tim nasional putri dipasang target tinggi di SEA Games 2022 nanti. Tim asuhan Lin Chi Wen itu diproyeksikan meraih emas dalam multi event dua tahunan di Asia Tenggara itu.

Hal itu tidak lepas dari raihan pada SEA Games edisi sebelumnya. Saat bertanding di Manila pada 2019 lalu, timnas putri meraih perunggu. Mereka harus mengakui keunggulan Filipina dan Thailand. Satu-satunya kemenangan diraih atas Malaysia.

Hasil itu dicapai dengan kekuatan full pemain lokal. Sebab, saat itu proses naturalisasi Kimberly Pierre-Louis belum selesai. Pada SEA Games 2022 ini, Kimberly bisa bergabung dengan tim dan menambah amunisi.

Selama keikutsertaan di SEA Games, Timnas Putri sudah mengoleksi empat medali. Raihan tertinggi dicapai pada edisi 1991 dan 2015. Saat itu mereka berhasil meraih perak. Kemudian perunggu diraih pada edisi 2017 dan 2019.

Asisten pelatih July Wong mengatakan saat ini mereka sedang memasuki fase pematangan strategi. “Chemistry pemain sudah kelihatan. Kini tinggal mematangkan lagi sistem anak-anak,” ujar July dalam keterangan resminya.

“Sejauh ini kami telah menjalani empat latih tanding melawan tim-tim putra dari CLS Surabaya dan BBM Viking Warriors,” lanjut July Wong.

Karena program latihan sedang menuju puncaknya, July mengatakan pihaknya terpaksa tidak memberikan libur panjang bagi pemain dan ofisial yang merayakan Idul Fitri. Dalam Timnas Putri sendiri, ada tiga pemain muslim. Mereka adalah Yuni Anggraeni, Mega Nanda Perdana Putri, dan Dyah Lestari.

“Saat lebaran kami hanya berikan libur di pagi hari pertama. Saat sore kami sudah latihan seperti biasanya,” ungkapnya.

Mereka sudah menjalani pemusatan latihan di GOR CLS Surabaya sejak Februari lalu. Timnas Putri rencananya akan berangkat ke Vietnam pada 14 Mei mendatang. Sedangkan untuk Timnas Putri 3x3 berangkat lebih awal pada 11 Mei 2022.

Dalam pemusatan latihan ini, PP Perbasi memanggil 20 pemain. Mayoritas dari pemain itu adalah pemain yang turun di FIBA Women’s Asia Cup 2021 Divisi B di Jordania pada November lalu. Pada ajang tersebut, mereka menempati peringkat ketiga setelah mengalahkan Kazakhstan.

Nantinya akan dipilih 12 pemain timnas putri. Dari 12 roster itu, ada beberapa pemain yang akan turun di ajang 5x5 dan 3x3 sekaligus. (rag)

Foto : Perbasi

Komentar