IBL

Marques Bolden akan melakukan debutnya bersama Timnas Indonesia pada SEA Games 2022 mendatang. Dalam rilisnya pada Rabu (15/4) itu, Perbasi mengatakan bahwa pemain NBA G-League itu akan menjadi tumpuan timnas di beberapa ajang ke depan. Selain SEA Games 2022, juga FIBA Asia Cup 2022 dan FIBA World Cup 2023 (jika lolos).

Untuk SEA Games 2022 sebagai ajang terdekat, Perbasi tidak tergiur untuk memanfaatkan regulasi terkait slot pemain naturalisasi. Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih mengatakan meski bukan tujuan utama, tetapi target SEA Games harus jelas.

“Kami fokus ke Piala Dunia. Kalau kita hanya juara SEA Games, akhirnya kita terpaksa pakai pemain asing 10. Mungkin bisa bawa medali emas ke Indonesia. Tetapi di ajang FIBA kita diacak-acak orang. Saya kira itu poinnya,” ungkap mantan pelatih Timnas Indonesia itu.

Regulasi SEA Games dan FIBA memang berbeda. Pada multievent se-Asia Tenggara itu, penyelenggara membebaskan setiap peserta memakai pemain naturalisasi. Tanpa ada batasan. Sedangkan di regulasi FIBA, hanya boleh memakai satu pemain naturalisasi dalam tim.

Indonesia sendiri memiliki Lester Prosper dan Bolden yang menjadi naturalisasi. Ada Jamarr Andre Johnson, yang saat ini menjadi bagian dari Timnas 3x3. Lebih lanjut manajer Jeremy Santoso mengatakan Bolden dipilih untuk memenuhi kebutuhan tim.

Dia sudah tiba di Indonesia sejak 11 April 2022 lalu. Pemain yang saat ini membela Salt Lake City itu juga sudah bergabung latihan dengan rekan-rekannya di GBK Arena, Jakarta. Dari keterangan Perbasi, dalam latihan terbarunya, Bolden mengasah akurasi tembakan dan melatih kemampuan individu di bawah arahan Brandon Walker.

“Untungnya Marques ini dari Texas. Dia sudah terbiasa dengan cuaca yang lumayan panas. Jado, secara badannya ya sudah normal juga dan nggak perlu lama untuk penyesuaian,” kata Jeremy dalam keterangan resminya itu.

Dalam pemusatan latihan itu, timnas juga akan melakukan uji tanding melawan tim yang terdiri dari para pemain asing IBL. Uji tanding itu akan dilakukan selama enam hari, mulai 22 April-6 Mei 2022. (rag)

Foto : Perbasi

Komentar