IBL

Gelaran puncak ABL Pre-SEA Games Challenge 2022 tidak berakhir sesuai rencana. Gim antara Louvre Indonesia dan BBM CLS Knights Indonesia batal diselenggarakan. Atas keputusan bersama, tidak ada juara di gelaran eksibisi ini.

Alasan utama partai final gagal digelar adalah kendala teknis lapangan yang licin. Pihak panitia sudah berusaha melakukan beberapa cara guna mengurangi licinnya lapangan, namun akhirnya keputusan batal adalah yang dipilih. 

"Saya selaku perwakilan ABL mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada semua yang sudah hadir di sini dan juga menonton secara daring," buka Connor Nguyen. "Atas lapangan yang licin dan demi keselamatan seluruh pemain, kami memutuskan membatalkan partai final ini, tanpa ada juara."

"Untuk semua pihak yang sudah membeli tiket baik secara langsung dan daring, kami akan memberikan pengembalian uang (refund) secara penuh. Semuanya akan kembali dalam waktu maksimal 14 hari," tutupnya.

Kesepakatan ini pun jadi antiklimaks dalam rangkaian acara ABL di satu pekan ini. Sebagaimana diketahui, ABL membuat dya acara dalam sepekan ke belakang. 

Pertama, gelaran ABL 3X3 Internasional Champions Cup yang diselenggarakan di Discovery Shopping Mall, Kuta, Bali selama dua hari, 16—17 April 2022. VN Red & Gold jadi juara tim putri dan Indonesia Patriots A jadi pemenang di nomor putra.

Acara lantas dilanjutkan dengan ABL Pre-SEA Games Challenge dengan format 5v5. Ada delapan tim yang bergabung di babak grup dan tanpa menggunakan babak penyisihan. Penentuan peringkat menggunakan cara mempertemukan tim dengan peringkat yang sama dari dua grup tersebut.

Louvre jadi pemuncak Grup B sedangkan BBM CLS Knights adalah jawara Grup A. Keduanya sama-sama tak kalah di tiga gim babak grup mereka. Sebelumnya, tiga gim perebutan peringkat akhir berjalan dengan lancar. 

Dengan ini, berakhir sudah segala rangkaian acara ABL di Bali. Kini, barisan tim nasional yang ikut berlaga akan menyiapkan diri untuk SEA Games pada 12 Mei nanti. Sedangkan ABL sendiri dijadwalkan akan memulai musim reguler resmi mereka pada Oktober nanti. (DRMK)

Foto: Dokumentasi ABL

 

Komentar