IBL

Louvre Indonesia semakin serius dalam menyongsong gelaran pemanasan Asean Basketball League (ABL) atau Pre-SEA Games Challenge di Bali, 19—24 April 2022. 

Melalui akun Instagram resmi mereka, Louvre mengumumkan barisan pemain yang akan turut tanding. Lima pemain utama sudah diumumkan lebih dahulu pada pekan lalu. Jarron Crump, Daniel Wenas, Akeem Ellis, Ebrahim Enguio "Biboy" Lopez, dan Austin Mofunanya adalah nama-nama tersebut.

Selain Biboy, seluruh nama starter ini turun berlaga di IBL 2022. Crump bersama Tangerang Hawks, Daniel di bawah Evos Thunder Bogor, Akeem membela Pacific Caesar Surabaya, dan Austin Mofunanya bersama Bumi Borneo Basketball Pontianak.

Biboy sendiri terakhir tampil di IBL 2021 bersama NSH Mountain Gold Timika di sistem "gelembung." Setelahnya ia kembali ke Filipina dan melanjutkan karier basket di sana. Biboy sempat tampil di ABL bersama CLS Knights Indonesia di musim perdana CLS ikut serta.

Senin, 11 April 2022, pengumuman terbaru mereka menyebutkan lima nama selanjutnya. Menariknya, tiga dari lima nama ini adalah pemain asal Amerika Serikat. Mereka adalah Gary Jacobs, Michael Kolawole, dan Savon Goodman. Dua nama lokal diisi oleh Sandy Febiansyakh Kurniawan serta Yogi Da Silva.

Dari nama-nama ini, hanya Kolawole yang masih berlaga di IBL 2022 lalu. Itupun Kolawole hanya ikut sampai Seri 2 Bandung. Ia sepakat putu kontrak dengan West Bandits Combiphar Solo.

Gary dan Savon terakhir kali tampil di musim 2020, tepat saat pandemi virus korona menyerang. Sandy masih ikut serta di "gelembung" IBL musim lalu. Yogi juga terdaftar sebagai pemain West Bandits musim lalu tapi tak pernah tampil.

Bersamaan dengan unggahan ini, Louvre Indonesia juga mengumumkan bahwa banyaknya pemain asing yang mereka pakai adalah bagian dari seleksi mereka untuk menghadapi musim reguler ABL yang akan digelar September nanti.

Untuk gelaran kali ini, Louvre Indonesia sudah akan dipimpin oleh Brian Rowsom. Terakhir kali Brian terlibat di Indonesia dan ABL adalah saat mengantarkan CLS Knights Indonesia juara di 2019.

Turnamen ini akan diikuti oleh tim nasional Vietnam, Malaysia, Singapura, Kamboja, tim BBM CLS Knights, Vis Min Filipina, dan Zamboanga Valiantes Filipina. Semuanya akan digelsr di Bali tepat setelah ajang 3X3 yang digelar pada 16—17 April. (DRMK)

Foto: Hariyanto

 

Komentar