IBL

Hujan deras yang mengguyur Surabaya di Senin sore, 30 Desember 2019, tak menyurutkan animo masyarakat untuk datang ke GOR Kertajaya. Lebih dari 150 orang hadir untuk menyaksikan laga uji coba antara tuan rumah BBM CLS Knights Indonesia melawan tim baru IBL, Louvre Surabaya. Kedua tim pun memberikan penampilan ngotot bahkan cenderung panas dan seolah bukan sebuah gim uji coba. Delapan kali pergantian keunggulan terjadi hingga akhirny Louvre tampil dominan di kuarter empat dan pulang dengan kemenangan 80-65.

Akurasi sebenarnya bukanlah hal utama yang membuat Louvre memenangi gim ini. Dari tripoin, Louvre hanya memasukkan 17,2 persen sedangkan BBM CLS Knights 37,5 persen. Secara efisiensi serangan (eFG%), BBM CLS Knights juga unggul 45 berbanding 41 persen. Sayangnya, di tiga dari empat faktor pembawa kemenangan lainnya, BBM CLS Knights harus mengakui keunggulan Louvre.

Savon Goodman jadi top skor di gim ini sekaligus jadi satu-satunya pemain dengan dobel-dobel. Selama 34 menit, mantan pemain Stapac Jakarta ini mencetak 29 poin dan 11 rebound dari 12/21 tembakan. Dua pemain asing lainnya, Michael Kolawole dan Martavious Irving sama-sama membukukan 13 poin. Daniel Wenas jadi penyumbang angka terbanyak dari barisan lokal dengan 11 poin.

Dari pihak tuan rumah, top skor datang dari pemain senior, Yosua. Selama 17 menit di lapangan, mantan pemain Satya Wcana Salatiga dan Satria Muda Pertamina Jakarta ini mengemas 14 poin dari 4/9 tembakan. Sandy Febiansyakh menyusul dengan 12 poin, termasuk di dalamnya 3/5 tripoin.

Untuk sementara ini, BBM CLS Knights belum memiliki agenda uji coba selanjutnya. Tim yang diproyeksikan untuk bermain di Thailand Basketball Super League (TBSL) ini masih dalam tahap seleksi. Nantinya, tim ini juga akan kedatangan satu pemain impor dan satu pemain keturunan (heritage). Kedua pemain ini mungkin akan datang di Januari. BBM CLS Knights baru akan bertanding di TBSL pada kisaran Februari.

Sementara agenda selanjutnya Louvre adalah melakukan uji coba dengan Pacific Caesar Surabaya. Gim akan digelar di GOR Pacific pada 3 Januari 2020. Louvre dan Pacific akan bermain di seri pertama IBL 2020 yang akan dimulai 10 Januari 2020 di Semarang. (DRMK)

Foto: Emka Satya Putra

 

Komentar