IBL

Timnas putra Indonesia menyiapkan agenda untuk melakukan uji coba latih tanding ke Australia pada 9-24 Juni 2022. Ini menjadi rangkaian program timnas menuju FIBA Asia Cup 2022 pada 12-24 Juli mendatang di Istora Senayan, Jakarta. Dalam latihan di Negeri Kanguru tersebut, mereka dijadwalkan akan melawan tim-tim dari NBL(1) Australia.

NBL1 adalah liga semi-profesional di Australia. Liga ini diikuti oleh tim-tim wakil dari semua negara bagian dan teritori di Australia. Dalam level kompetisi, NBL1 Australia satu tingkat di bawah NBL Australia.

“Selama Juni kami akan uji coba di Australia. Selama 14 hari kami akan bermain 10 kali melawan tim-tim NBL (1) Australia di Brisbane dan Melbourne,” ujar manajer Jeremy Santoso dalam keterangan resminya pada Jumat (8/4).

Jeremy mengatakan ada sembilan tim yang akan menjadi lawan tanding timnas nanti. Mereka adalah Diamond Valley Eagles, Keilor Thunder, Eltham Wildcats, Waverly Falcons, Sunshine Coast Phoenix, Centre of Excellence, Southern Districts Spartans, Ipswich Force, dan Brisbane Capitals.

Timnas akan memulai pemusatan latihan di GBK Arena, Jakarta pada Senin (11/4) mendatang. Ini menjadi rangkaian pertama untuk menuju agenda terdekat, yaitu SEA Games 2022 pada 12-23 Mei 2022. “Program timnas selain pemusatan latihan, kami akan ada try in bersama beberapa pemain asing IBL. Program itu dimulai 22 April sampai 6 Mei 2022,” lanjut Jeremy.

Adanya lawan tanding dengan pemain asing IBL itu dilakukan karena liga sedang berhenti. Musim reguler IBL telah selesai pada 30 Maret lalu. Babak play-off sendiri baru akan digelar pada Agustus mendatang.

Karena ada agenda cukup padat itu, Timnas tidak bisa berpartisipasi dalam turnamen ABL Pre-SEA Games Challenge 2022 yang digelar di Bali. Turnamen itu berlangsung pada 19-24 April 2022.

Setelah SEA Games 2021 itu, Timnas masih memiliki jadwal internasional yaitu Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C Zona Asia-Oseania. Dalam sisa dua pertandingan itu, Indonesia akan melawan Arab Saudi pada 1 Juli 2022 dan Jordania pada 4 Jul 2022. Pertandingan akan digelar di Jakarta. (rag)

Foto : PP Perbasi

Komentar