IBL

University of Kansas (Jayhawks) menjadi juara NCAA March Madness (National Championship) putra usai mengalahkan University of North Carolina (Tar Heels) 72-69, Senin, 4 April 2022, waktu setempat. 

Gim berlangsung dengan pergeseran momentum yang luar biasa. Unggul (7-0) di awal laga, Jayhawks yang buruk dalam rebound tertinggal 15 poin (40-25) di jeda antarbabak. Sebelumnya, Tar Heels sempat membuka keunggulan sampai 16 poin. 

Jayhawks sungguh tak punya jawaban atas offensive rebound Tar Heels. Tim asuhan Hubert Davis mengumpulkan 8 offensive rebound yang dikonversi menjadi 16 second chance points. 

Di lain sisi, Tar Heels juga sangat solid dalam bertahan. Mereka melakukan segala upaya untuk menghentikan dua mesin poin Jayhawks, David McCormack di paint area dan Ochai Agbaji di tripoin. 

Memasuki paruh kedua Jayhawks seolah datang dengan semangat yang berbeda. Melalui kecepatan fastbreak mereka, Jayhawks melaju (31-10) di 10 menit pertama paruh kedua. 

Dalam bertahan, Jayhawks akhirnya menemukan cara untuk menghentikan offensive rebound melalui upaya box out kepada Armando Bacot dan Brady Manek. Keduanya tampak beberapa kali mendapatkan box out dari dua pemain sehingga tak punya kesempatan untuk berebut bola.  

Jayhawks lantas mendapatkan angin segar melalui performa solid Remy Martin. Pemain keturunan Filipina ini memasukkan 3 dari 4 tripoinnya di paruh kedua. Salah satunya yang membuat Jayhawks unggul 68-65. 

Jayhawks terus konsisten dalam bertahan dan lebih sabar dalam menyerang. Keluarnya Bacot yang mengalami cedera pergelangan kaki di sisa 38 detik membuat McCormack tak punya lawan sepadan. Sebuah hook shot dari McCormack membuat kedudukan menjadi sesuai dengan skor akhir.

Tar Heels sebenarnya total mendapatkan tiga penguasaan bola setelah hook shot McCormack. Waktu pun masih tersisa 19 detik. Sayangnya, semua penguasaan bola yang berujung pada eksekusi oleh Caleb Love tak ada yang menemui sasaran.

Tidak ada pemain yang mencetak lebih daripada 15 poin di gim ini. David McCormack jadi top skor Jayhawks dengan dobel-dobel 15 poin dan 10 rebound. Jalen Wilson juga mencetak 15 poin ditambah 4 rebound. 

Remy Martin, pemain terpendek Jayhawks ini mencetak 12 dari 14 poinnya di paruh kedua. Remy memasukkan 4/6 tripoin. Christian Braun juga dobel-dobel 12 poin dan 12 rebound. Ochai Agbaji melengkapi daftar juga melalui 12 poin. 

Dari Tar Heels, Armando Bacot masih jadi tumpuan dengan dobel-dobel 15 poin dan 15 rebound. Brady Manek membukukan hal yang sama dengan 13 poin dan 13 rebound. 

R.J Davis jadi pemain ketiga Tar Heels yang dobel-dobel melalui 15 poin dan 12 rebound. Caleb Love menambahkan 13 poin sementara Puff Johnson memimpin barisan cadangan dengan 11 poin. 

Ini adalah gelar juara nasional keempat sepanjang sejarah Jayhawks. Terakhir kali mereka meraih gelar juara terjadi pada 2008. (DRMK)

Foto: NCAA March Madness MBB 

Komentar